Redeem Code Primogems Claim Sekarang!

3 Aplikasi Pilihan Terbaik Sebagai Pengganti Google Play Store


3 Aplikasi Pilihan Terbaik Sebagai Pengganti Google Play Store

Pernahkah kalian memperhatikan betapa banyaknya aplikasi yang tidak tersedia di Google Play Store? Aplikasi yang tidak tersedia di Play Store dimungkinkan karena berbagai alasan, misalnya ketidak cocokan secara geografis, mengandung konten khusus dewasa, dan lain sebagainya. Bagaimana jika kita menginginkan aplikasi tersebut?

Berbagai metode bisa kita lakukan, seperti menggunakan APN yang membuat kita seolah-olah berada di negara lain yang memungkinkan kita untuk mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut, namun ada cara yang lebih mudah yaitu dengan mengunduh aplikasi melalui salinan APK.

APK merupakan sebuah format data yang digunakan untuk menginstal software pada perangkat dengan sistem operasi Android. Jika kita memiliki sebuah aplikasi dalam bentuk APK, itu artinya kita dapat menginstalnya tanpa perlu masuk ke dalam Google Play Store terlebih dahulu.

Pentingnya memilih situs APK yang aman

Tidak semua layanan penyedia file APK itu aman, bisa jadi file-file tersebut telah dimodifikasi sehingga secara otomatis kita akan menjalankan malware saat menggunakan aplikasi tersebut, dengan demikian kita wajib memastikan bahwa situs yang digunakan untuk mengunduh file APK tersebut aman.

Nah, dibawah ini penulis telah merangkum 5 situs yang memiliki peringkat aman yang dilansir dari berbagai media.

1. APK Mirror

 

APK Mirror merupakan salah satu situs paling populer untuk mengunduh file APK. Pemilik situs ini dimiliki dan dioperasikan oleh tim yang sama atas situs berita Android Police, yang seharusnya meyakinkan kita bahwa APK Mirror ini aman dan terpercaya.

Dari segi keamanannya, APK Mirror memiliki kebijakan berikut ini:

  1. Staf memverifikasi semua APK yang diunggah sebelum dipublikasikan
  2. Situs mencocokkan tanda tangan kriptografis untuk versi aplikasi terbaru dengan versi sebelumnya. Hal ini berarti situs memastikan bahwa aplikasi tersebut dipantau oleh pengembang yang sebenarnya
  3. Jika APK Mirror tidak dapat memverifikasi validitas file APK maka APK Mirror tidak akan menerbitkan file, karena itu kita tidak akan menemukan APK modded (aplikasi yang telah dimodifikasi untuk keperluan tertentu) dan aplikasi bajakan.

2. APKPure

 

APKPure merupakan situs pesaing terbesar APKMirror. APKPure mematuhi praktik keamanan yang ketat untuk memastikan semua APK yang diunduh melaui situs ini aman dan bebas virus.

APKPure memverifikasi keabsahan semua APK sebelum diterbitkan dengan menggunakan SHA1 untuk memastikan sertifikat aman. APKPure akan memastikan tanda tangan kriptografi untuk versi aplikasi yang baru harus cocok dengan versi yang diterbitkan sebelumnya. Sekali lagi, jika situs ini memiliki keraguan tentang keamanan atau asal-usul aplikasi maka APKPure tidak akan mempublikasikan file tersebut. Tidak ada APK modded pada situs ini.

Sama seperti APKMirror, APKPure juga merupakan aplikasi selayaknya Google Play Store. Begitu terinstal tentunya aplikasi ini akan bertindak selayaknya kita menggunakan Play Store.

3. Aptoide

 

Aptoide merupakan situs pengunduh file APK terpopuler lainnya. Seperti halnya aplikasi Play Store, situs ini menawarkan aplikasi Android dengan mengakses toko dan mengunduh file APK langsung melalui perangkat.

Perusahaan ini juga merupakan salah satu yang pertamakali merangkul teknologi blockchain dan cryptocurrency. Mengapa Aptoide masuk kedalam daftar ini? singkatnya karena layanan ini memungkinkan kita untuk mengunduh APK modded setelah memeriksa sendiri keamanan file tersebut.

Nah, demikian 3 Aplikasi Pilihan Terbaik Sebagai Pengganti Google Play Store, sebagai akhir kata, jangan sembarangan download aplikasi di internet, pastikan bahwa situs yang dipilih aman dan terpercaya untuk menghindari virus dan malware.

Komentar