Redeem Code Primogems Claim Sekarang!

Pengalaman Operasi Hemoroid

gambar: autoimunid

Hemoroid atau lebih dikenal dengan wasir atau ambeien/ambien merupakan masalah yang cukup serius. Penderita wasir sering kali merasakan nyeri akibat pembesaran-pembengkakan-peradangan pembuluh dara pada bagian rektum bawah. Secara klinis penyakit ini tampak seperti tumor yang berada disekitar anus dan cukup mengganggu berbagai aktifitas khususnya yang berhubungan dengan fisik.

Sebelumnya saya adalah penderita wasir stadium 4, darah sering keluar khususnya pada saat BAB. Biasanya setelah melalukan "kegiatan rutin dipagi hari" saya rutin mencari pojokan meja untuk membantu memasukkan benjolan disekitar anus, dan biasanya setelah kegiatan yang kurang menyenangkan ini berhasil dilakukan maka saya dapat menjalankan aktifitas rutin setiap hari.

Saat sakit menjadi semakin parah dan kegiatan rutin "memasukkan wasir" dirasa semakin sulit maka saya berfikiran untuk operasi hemoroid, sempat tanya sana-sini khususnya pada teman dan saudara yang pernah operasi dikatakan bahwa operasi hemoroid bukanlah pengalaman yang sangat menyenangkan. Ada yang bilang rasa sakit yang hebat khususnya setelah obat bius habis dan masa penyembuhan yang relatif lama, ada pula yang menyebutkan bahwa rasa sakit akan diderita sekitar 3 minggu pasca operasi. Sayangnya sahabat dan teman yang dengan sangat bangga menceritakan pengalamannya rata-rata melakukan operasi hemoroid lebih dari 10 tahun yang lalu sementara itu ilmu kesehatan semakin berkembang setiap tahunnya.

Berdasarkan pengalaman saya, operasi hemoroid atau wasir itu tidaklah menyakitkan, buktinya 2 hari setelah operasi saya pulang dari rumah sakin naik sepeda motor.


Dokter dan tanggungan kesehatan

Operasi hemoroid dikerjakan oleh dr.Sang Made Suryana yang notabene adalah dokter spesialis bedah. Operasi tersebut dibantu oleh tim dari Rumah Sakit Ari Canti yang berlokasi di Mas-Ubud kabupaten Gianyar, Bali. Dokter Suryana menyarankan untuk operasi hemoroid setelah melakukan pemeriksaan pada pukul 19.00 pada hari senin tanggal 1 juni dan operasipun dijadwalkan pada hari rabu tanggal 3 juni jam 9.00 pagi.

Mengenai tanggungan kesehatan saya menggunakan BPJS, mengenai tindakan operasi, booking kamar hingga makan, minum, snack, obat dan lain sebagainya telah diatur sesuai dengan hak tanggungan kecuali catgut yaitu benang jarit yang langsung menyatu dengan kulit, ga mau kan kalo setelah operasi sudah susah-susah disembuhkan malah mesti buka jaritan yang notabene membuat luka baru walaupun kecil. Untuk membeli catgut saya harus merogoh kocek sekitar Rp.75.000, dan untuk jarit luka pasca operasi hemoroid saya hanya membutuhkan 1 benang saja.

Proses sebelum dan saat operasi

Saya dianjurkan untuk puasa dari sebelum tidur hingga pada saat operasi dilakukan dikeesokan harinya. Tujuannya sudah pasti mengosongkan usus agar isi-isinya tidak keluar saat dioperasi, tidak hanya sampai disana, 3 jam sebelum tindakan saya diberikan obat pencahar yang langsung dimasukkan dari dubur dan efeknya mencret-mencret sehingga usus benar-benar bersih dari kotoran. Menurut petugas jaga, kita tidak akan memiliki refleks apapun setelah diberikan pembiusan (pinggang hingga kaki) sehingga area yang seharusnya steril tidak dikotori oleh... U know what i mean.

Proses operasinya sendiri tidaklah menyeramkan, kita akan diajak berbincang-bincang bahkan bercanda oleh petugas yang ada. Salah seorang petugas tampak menyiapkan segala sesuatunya dengan santai dan bahkan dari obrolannya seputar trend yang sedang populer ditengah masyarakat, yaitu batu akik, namun begitu operasi dimulai semuanya tampak sangat serius.

Operasinya sendiri tidak lebih dari 15 menit, tidak ada rasa sakit sama sekali. Setelah dilakukan tindakan saya ditempatkan di ruangan khusus untuk observasi pasca tindakan.

Dua tantangan pasca operasi

Tantangan pertama adalah menahan nyeri setelah obat bius habis, bagi saya sendiri rasa sakit tidaklah mengganggu, mungkin karena telah terbiasa dengan rasa nyeri seperti yang sudah dialami bertahun-tahun. Untuk meredakan nyeri saya sudah dipersiapkan dengan cairan infus yang katanya mengandung anti nyeri.

Tantangan kedua adalah BAB pertama pasca operasi. Kita akan disiapkan obat untuk melancarkan BAB, tujuannya agar kotoran tidak keras yang ujung-ujungnya melukai bagian yang sedang disembuhkan. Efek obat tergantung dari masing-masing pasien, efek obat baru saya dapat setelah 7 jam minum obat, syukurnya lantcar djaya. Ohya, kategori sembuh didapat ketika kita sanggup BAB tanpa rasa sakit dan pendarahan, maka dikeesokan harinya saya diusir dari rumah sakit.

Saat tulisan ini dibuat saya telah masuk di hari ke-3 pasca operasi, pagi tadi saya naik motor untuk beli bubur di warung langganan dan membeli cuk roll sebagai pengganti cuk yang ketinggalan di RS.

Komentar

  1. ada tips biar gak ada perasaan takut sebelum operasi?

    BalasHapus
  2. Sama sekali gk di mintain biaya apa pun ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samasekali tidak ada biaya tambahan, kecuali kita butuh yg diluar tanggungan BPJS

      Hapus
    2. Boleh tau rasa nyeri luka bekas operasi brp lama yg mas rasakan?apakah menggunakan obat cina utk mempercepat proses pengeringan lukanya?trims

      Hapus
    3. Sy bru slsi menjalan kan op hemoroid jumat pagi kmrn smpi skrg msh nyeri tp tdk sesakit pasca op nya dua hri menangis nahan skit bkas oo nya,blm lg klu mau bab smpi keringat dingin berkucuran,

      Hapus
  3. Brp lama sembuh setelah operasi , ada efek sampingnya gak ??? Tlg balasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyembuhan tergantung tubuh masing2 orang, tapi penyembuhannya cukup cepat kok, habis operasi aja bisa pulang naik sepeda motor

      Hapus
  4. Saya mau tanya apakah ada efek samping setelah operasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata orang sih ada yg susah kontrol kentut pasca operasi, tpi saya ga mengalami yang seperti itu.

      Hapus
    2. Bner banget mas, GW susah kentut setelah operasi stqpler. Pas kentut malah cepirit

      Hapus
  5. saya tidak seberuntung saudara arlan,sekedar sharing,pasca oprasi hemoroid stadium 3 di kota malang saya mengalami penyempitan anus,BAB susah keluar,pernah 2 hari tidak BAB faeces mengeras sehingga saya harus mengejan sampai berdarah,memang ada terapi lanjutan bernama businasi yakni memasukkan besi baja yg besarnya berbeda beda ke lubang anus,tapi suakitnya minta ampun,businasi dianggap selesai bila besi ukuran 17 telah gampang masuk ke anus,tapi sekali lagi suakitnya minta ampun,oprasi yg saya pakai memakal metode laser BIEM,selain saya masih ada pasien lain dengan metode oprasi yg sama tapi bisa sukses langsung beraktifitas sehari setelah oprasi,sekali lagi tidak semua seberuntung saudara admin,tapi tidak semua kurang beruntung seperti saya jadi perlu pertimbangan yg matang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya turut prihatin, bro david. Semoga lekas sembuh.

      Hapus
    2. Saya juga sama mas david ... pascaa oprasi ambien tgl 13 agustus 2016 kemarin sampai komentar ini saya buat saya belum BAB .. sulit buang gas, saya juga menggunakan metode laser, adakah herbal yg bisa memperlancar BAB saya ya mas ?

      Hapus
    3. Saya juga begitu terjadi penyempitan anus,mau bab sakitya minta ampun pdahal yg dikluarkan kecil,sehari saya bab ntah berpa kli..sekrng sya blm sembuh sdh 1 buln 2 minggu,,

      Hapus
    4. perlu di coba ini untuk memperlancar bab tanpa obat apapun.makan buah apa aja saat perut kosong.jadi sebelum makan besar seperti nasi+lauk ya.klo bingung kpn waktu perut kosongnya ya bangun tidur aja rutin makan buah nya misal satu buah jeruk jangan di jus karna kita perlu serat dan harus di kunyah ya tujuannya agar tercampur air liur.krn obatnya ini campuran dari buah dan air liur.jadi seperti detox ya.kabar baiknya kita bisa makan apa kira kira 20 menit setelah makan buah.karna bua/sayur ini cuma butuh 20 menit untuk mencerna sampai kebawah.sedangkan nasi atau karbohidrat lain butuh waktu 4 kira kira 4 jam untuk mencernanya.sedangkan protein contoh daging telur butuh waktu kira kira 6 jam untuk mencernanya.jadi dari catatan saya bisa disimpulkan harus makan urutannya harus benar.makanan buah sayur sebaiknya sewaktu perut kosong.harus di biasakan .semoga bisa membantu.

      Hapus
    5. Haloo mba saya habis operasi wasir 2 minggu lalu, dan mengalami seperti mba, bab hanya keluar sedikit2. Rasanya bab ga plong. Apa skr mba sudah sembuh total? Brp lama sampe anus elastis kembali dan menggunakan metode apa? Apa dgn sedirinya sembuh dan elastis lg? Mohon infonya mba

      Hapus
    6. Skrg gmna kondisinya pa. Sudah bisa. Info dong saya sma. Keknya

      Hapus
    7. Skrg gmna kondisinya pa. Sudah bisa. Info dong saya sma. Keknya

      Hapus
  6. Saya baru 4 hari kemarin selesai operasi hemoroid stadium 4. Yang saya tanyakan, kenapa ya pasca operasi saya blm pernah BAB, tapi pas buang angin selalu mengeluarkan cairan sedikit, seperti mencret. Apa efek pasca operasi spt itu apa bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas/mba anonim, hal tersebut perlu ditanyakan kembali ke dokter yang bersangkutan. Masalah belum pernah BAB mungkin karena dari segi pencernaan saja.

      1-2 bulan pasca operasi, dubur akan keluar cairan agak lengket dan berbau, dan itu wajar.

      Hapus
  7. maaf min, saya mau tanya, mimin operasinya dengan metode apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya lupa nama metodenya. Mohon maafkan saya.

      Hapus
  8. Mas Arlan .. saya habis ops hemo satu minggu yang lalu .. kemarin dicek dokter katanya bagus, namun sampai saat ini dubur masih keluar cairan (kaya darah) dan bau .. apa ini wajar ? ... itu cairan apa yang keluar ? .. biasanya rasa sreset-sreset nyeri pasca sayatan lubang anus berapa minggu ? .. suwun ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut sepengalaman saya cukup wajar. Sy jg keluar cairan agak lengket dan berbau, dan itu berlaku selama sebulan lebih dikit lah. Jika kurang yakin bisa ditanyakan ke dokternya langsung.

      Hapus
    2. Menurut sepengalaman saya cukup wajar. Sy jg keluar cairan agak lengket dan berbau, dan itu berlaku selama sebulan lebih dikit lah. Jika kurang yakin bisa ditanyakan ke dokternya langsung.

      Hapus
  9. Ok ... Matur nuwun Mas Arlan ... (y) ... mugi-mugi manfaat dan minta doanya dari semua agar segera pulih kembali ... Salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims sudah berkunjung, semoga lekas sembuh :)

      Hapus
  10. Oh ya satu lagi Mas Arlan semiga ndak keberatan berdiskusi, kalau kata dokternya Mas Arlan cairan yang keluar dari anus yang lengket, sedikit berbau dan berwarna coklat kemerahan itu dari apa sumbernya ? Apa dari luka jahitan yang belum kering atau dari apa ya ? ... matur nuwun dan sekali lagi mohon maaf merepotkan :-bd

    BalasHapus
  11. Oh ya satu lagi Mas Arlan semiga ndak keberatan berdiskusi, kalau kata dokternya Mas Arlan cairan yang keluar dari anus yang lengket, sedikit berbau dan berwarna coklat kemerahan itu dari apa sumbernya ? Apa dari luka jahitan yang belum kering atau dari apa ya ? ... matur nuwun dan sekali lagi mohon maaf merepotkan :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pikr yang seperti itu bisa ditanya langsung ke teman saya yg kebetulan seorang dokter sekaligus blogger. Bida via twitter BlogDokter atau komen langsung di blogpost beliau di blogdokter.net

      Atau search di google dengan keyword blogdokter wasir

      Hapus
  12. mw tanya gan,, ane hemoroid external baru terasa 2 minggu,,, tpi bab normal lncar,, tnp sakit, tanpa perihh,, aktifitas normal,, hnya ada bnjolan kecil di bgian luar samping anus,, sperti daging lebih,, minta solusi gan?? trmsuk stdium brapa? obat herbal apa yg cocok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sodara sy banyak gerak, makan lbh banyak serat, minum air putih (2-3lt/hr) bisa sembuh. Mungkin istilahnya olahraga dan pola konsumsinya bro suhendang.

      Hapus
    2. iya mnrut saran dokter juga bnyk konsumsi serat... , iyahh semoga cpet sembuh.. awalny lgsng berobat ke dokter.. 3 hari kempes,, ttpi bbrp hri lalu .. bnjolannya ada lagi... Trimakasih

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  13. Bro arlan mau nanya dong, sebelum lakukan operasi langkah apa aja yg sudah dilakuin untuk sembuh? Dan sudah berapa lama wasirnya baru mengambil tindakan untuk operasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah untuk mengurangi nyeri dengan obat herbal, daun temen lumayan membantu.

      Hapus
  14. Udah sebulan lebih pasca operasi, tapi pantat rasanya pegel & kalau buat duduk masih gabisa lama. Apa emang gt ya efeknya mas arlan ?

    BalasHapus
  15. Efek setelah operasi apa bro arlan? saya udah 1 bulan operasi hemoroid, tapi tiap setelah BAB dubur rasanya pegel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin efeknya setiap orang beda-beda, saya juga kadang merasa pegal pas 1 bulan pasca operasi, kemudian ada cairan agak lengket dan berbau.

      Hapus
  16. o ya ms saya mau tanya,, saya bru oprasi 4 hari yg llu tapi kenapa masih sakit banget, klo kentut si lancar tapi belum BAB,tolong masukan nya mz mkzmsh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luka tergantung dari lokasi pembengkakan, lebih baik konsultasikan ke dokter bedahnya jika masih belum bisa BAB.

      Hapus
  17. Jd sedikit lega nih baca post nya mas arlan
    Minggu depan saya mau operasi mas
    Doakan semoga nanti saya lancar juga seperti mas arlan ya

    BalasHapus
  18. Kalo baca blognya mas arlan g serem. Tp baca koment2nya serem jg.tgl 20 niat mau operasi.bro arlan gmn kondisi skg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi sekarang cukup baik. Jadi gini, kita ga usah mikirin 1-2 hari setelah operasi sakitnya kyk apa, bisa bab atau engga, suasana bakal kyl apa, kita ga usah mikir 1-2bln pasca operasi bakal gimana, ygjls kedepannya kayak gimana..

      Dulu sehabis bab kerjaannya nyari pojokan buat masukin si anus, skr abis bab bisa langsung jingkrak2.

      Ingat doa minta kemudahan, niscaya akan baik2 saja.

      Hapus
    2. Iya betul. Kalo Mau mikirin sakit pasti kita ketakutan.. Karena operasi hemorrhoid adalah operasi yg paling sakit di antara semua operasi. Tapi mikirnya sakit sebentar tapi selamanya kita ga ketakutan mulu. Bro Mau nanya. ...saya abis operasi udah 8 hari. Tapi kok nyeri banget. ... kaya sreset2 gitu rasanya. Apakah itu proses dari pada pengeringan luka atau jahitan ya? Makasih sebelumnya

      Hapus
    3. Rasa sreset2 itu mungkin karena benang untuk jarit lukanya, sepengalaman saya belum pernah ngerasain luka mengering di anus. 1 atau 2 minggu terkadang masih terasa nyeri, untungnya ga nyeri2 amat.

      Hapus
  19. Bisa berbagi/tanya2..saya jg pernah operasi hemmorhoid/wasir. Saya jg pngin curhat ke orng yg pernah operasi.. Sms aj ya :) 085774116455

    BalasHapus
  20. Saya mau tanya mas arlan.. Wktu operasi yg di potong kanan kiri atau sebagian aja ya? Trs skrng klo bab lancar ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang paham potong kiri-kanan, full-sebagian, ygjls semua sy serahkan ke dokternya. Saat ini bab sangat lancar :-d

      Hapus
  21. Banyak orang bilang,, kalo abis operasi salah satu efek sampingnya adalah,, buang air besar tidak bisa di kontrol lagi/di tahan (keluar dgn sendirinya)
    Apakah itu betul??...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya, bisa dikontrol kok bro.

      Hapus
    2. betul gan, itu terjdi pada saya, setelah brosing2 ternyata itu meruoakan salah 1 efek smpingnya, saya sehari bisa bab lebih dr 8x, tapi keluarnya sedikit2. jika di tahan maka akan merasakan sakit/ nyeri saat kebelet dan saat bab. sekarang saya memasuki hari ke 9 pasca oprasi. darah berhenti keluar (saat bab) pada hari ke 6,hari ke 7 tidak ada darah keluar saat tidak bab, mengenai cairan kuning kecoklatan sudah keluar sejak hari ke 4 (keluar dr rmah sakit) hingga sekarang. saya tidak bisa bepergian jauh mengingat jika bab ditahan akan terasa sakit d area dubur.

      Hapus
  22. bang ane kemarin periksa katanya grade 2. semisal disuruh operasi disuruh metode TAD HAL. agan tau metode itu?agan pake metode apa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur aja bro, saya masih awam, sy pikir yg namanya operasi dimana2 sama dan dokternyapun tidak menjelaskan metodenya.

      Hapus
  23. Mas kalau udh bab kadang lama masuknya apa harus dioprasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika masuknya alami jelas lama, kalau sengaja dimasukkan misalnya duduk di pojokan meja ya lumayan cepat walaupun ga nyaman

      Hapus
  24. Salam kenal min. Kebetulan hari senin(13 juni) saya menjalani operasi. Yg saya tanyain sampai hari ini saya masih belum BAB walaupun rasanya sudah mulas sekali tapi ketika di wc samaa sekali tidak keluar. Dan terakhir keluar darah cukup banyak. Mohon masukannya min. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik dikonsultasikan ke dokter yang menangani. Ini sudah hari ke-5 pasca operasi dan belum BAB.

      Hapus
  25. Bro gue kan kemaren hari senin tgl 27 abis operasi hemoroid setadium 4, gue bab belom lancar cuma baru bisa 1 kali bab doang, soalnya kalo di paksain malah sakit. emang jaitan yang ada di anus harus dicabut ya? Mohon Infonya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbanyak makanan berserat agar bab tidak keras, misalnya sayur dan buah2an. Biasanya dikasi obat sejenis pencahar jg dirumah, keluar darah pas bab itu normal.

      Masalah benang jarit, biasanya yang dipakai itu benang yang nantinya menyati dengan kulit, jadi tidak perlu ke rs lg buat cabut benang. Coba dipastikan dl, itu benang nantinya mesti dicabut atau tidak?

      Hapus
  26. Mudah mudahan suami saya oprasi nya selancar bang arlan ini,,,,,

    BalasHapus
  27. Mimin ada bakat keloid? dokter bedahnya patut direkomendasikan tidak? saya ingin bedah tapi masih ragu memilih dokter...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakat keloid tidak ada. Sepengalaman saya, dokter bedahnya layak direkomendasikan. Ragu itu wajar, siapa sih yang tidak takut sama rasa sakit? Lebih baik menderita sebentar, namun masalah teratasi.

      Hapus
  28. Mas,kemarin sembuh total pasca operasi berapa bulan?

    BalasHapus
  29. Mas arlan, sya baru saja mengalami pasca oprasi abien tgl 13 agustus 2016 , tetapi saya belum bisa BAB padahal sudah di berikan obat utk pelancaran BAB 😢 gimana ya mmas solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum bisa BAB krn belum mules2 atau sudah mules2 tpi ga bisa BAB? Dalam kebanyakan kasus ga bisa BAB pdhl sudah kepengen itu krn perasaan was2 tkt jaritan lepas atau berdarah. Sy pernah mengalami itu, bahkan sesaat pasca operasi susah buang air kecil krn itu.

      Hapus
  30. Mas arlan, sya baru saja mengalami pasca oprasi abien tgl 13 agustus 2016 , tetapi saya belum bisa BAB padahal sudah di berikan obat utk pelancaran BAB 😢 gimana ya mmas solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya baru baca komen Anda. Hingga 2 minggi oertama pasca operasi memang rada susah BAB, itu karena psikoligis kita takut2 benang rusak. Lebih baik jangan dipaksa, usahakan jangan jongkok terlalu lama

      Hapus
  31. Mas arlan, kmaren yg digunakan bius lokal atau bius spinal yg dsuntik lwt tulang blakang?

    BalasHapus
  32. Mas arlan, kmaren yg digunakan bius lokal atau bius spinal yg dsuntik lwt tulang blakang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lewat tulang belakang. Rasanya rada ngeri, tapi efek lumpuhnya itu lho, luar biasa.

      Hapus
  33. Mas arlan saya mau operasi tapi takut, apa sehabis operasi sakit nya lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya agak kesulitan menjawab pertanyaan mba Sella. Sakit/tidak tergantung jenis operasi, besarnya luka dan obat apa yang fikonsumsi.

      Hapus
    2. Mau operasi tapi takut

      Hapus
  34. Sy sudh 24 hr operasi tp kdng msh nyeri kdng juga gatal.pas bab jg msh keluar bercak darah dan nyeri.sprtix luka yg di dlm blm sembuh.hhhhmmmm....lumayan bikin khawatir.

    BalasHapus
  35. Sy sudh 24 hr operasi tp kdng msh nyeri kdng juga gatal.pas bab jg msh keluar bercak darah dan nyeri.sprtix luka yg di dlm blm sembuh.hhhhmmmm....lumayan bikin khawatir.

    BalasHapus
  36. Mas kira2 brpa yah biaya yg prlu dikeluarkan..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah biaya mungkin beda2 yah tiap rumah sakit akujuga pake bpjs dicover 16juta saya bayar 14 juta.. Itu pake metode stapler sama ntahlah soalnya 2metode karna stapler aja tidak mempan buat saya.. Rasanya ya sakit seudah operasi tapi gak sesakit waktu masih ada haemoroidnya bab berdarah itu wajar kluar cairan lengket2 bau gmna juga wajar ini saya masih masa pemulihan dirumah, jangan takut saya dibius smua mungkin yah karena tau2 beres dan saya operasi kurang lebih 2 jam karena kasusnya udah beda terlalu.berat katanya tapi skrg saya fine2 aja :D

      Hapus
    2. Trs cairan yg bau itu hlg ga? Brp lm kirakira br cairan nya hlg dan luka luarnya sembuh?

      Hapus
  37. Mas kira2 brpa yah biaya yg prlu dikeluarkan..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masing2 RS beda2 mas. Kalau pakai bpjs tentunya sudah dicover semua

      Hapus
  38. Mau tanya saya operasi tgl 24 september tgl 26 plng dr rs. Dan sudah kontrol 3x terakhir kmrin,, q plang itu mlmnya jm sblas bisa bab dan 5hr kemudian bs bab tp hbs itu kok susah bab cm babnya dikit di celana seperti butiran cepirit smpai 3mggu gitu skitnya minta ampun d dubur seperti ada tamponya apakah wajar gan mohon di jwb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya ada baiknya dikontrol ke dokter yang menangani operasinya. Semoga lekas sembuh.

      Hapus
  39. Mau tanya saya operasi tgl 24 september tgl 26 plng dr rs. Dan sudah kontrol 3x terakhir kmrin,, q plang itu mlmnya jm sblas bisa bab dan 5hr kemudian bs bab tp hbs itu kok susah bab cm babnya dikit di celana seperti butiran cepirit smpai 3mggu gitu skitnya minta ampun d dubur seperti ada tamponya apakah wajar gan mohon di jwb

    BalasHapus
  40. Saya baru siap operasi tanggal 20 kemaren bulan ini.
    Rasanya masih sakit, apalagi setelah tampoon dicabut.
    Pedihnya minta ampun.
    Tapi, saya yakin akan sembuh.
    Saya pasrahkan kepada ALLAH SWT.

    BalasHapus
  41. Sebelum operasi saya coba searching google cari informasi sebanyak banyaknya termasuk blog arlan ini, saya operasi wasir tgl 15 okt 2016 di RS Hermina grand wisata tambun (menggunakan BPJS - pelayanan memuaskan), saran saya bagi yg sdh operasi wasir, pagi sarapan buah2an seperti buah naga, apel pear, alpuket, 1 jam kemudian saya konsumsi ektrak sayuran/buah2an, susu kedele (produk melilea ataupun sejenis), makan siang nasi merah, sayur dan ikan gabus (bagus untuk mempercepat kering luka -silahkan searching google), abis maghrib saya konsumsi lg produk melilea lg, sayangnya saya lakukan ini 10 hari pasca operasi, tapi Alhamdulillah BAB tidak sesulit sblmnya, bisa sharing di 08128238140

    BalasHapus
  42. Mas saya baru operasi hemoroid 2hr yg lalu. Tadinya cuma penembahan gada operasi tp krna anus saya udh robek akhirnya dioperasi. Setelah operasi saya biasa aja. Tp saat pulang kepala sakit, muntah& setelah saya BAB bagian anusnya perihnya bukan main. Itu wajar gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba Devi, mungkin krn efek obatnya sudah habis, atau mungkin saja karena antibiotik atau bisa juga pereda nyeri yg diberikan via infus efeknya sudah habis, makanya pulang2 langsung pusing dan nyeri2. Sekali lagi ini masih "mungkin" lho ya, ada baiknya jika dikonsultasikan langsung dengan dokternya.

      Semoga lekas sembuh :)

      Hapus
  43. Sy punya wasir tp takut periksa ke dokter..takut disuruh oprasi soalnya kayaknya wasirnya udah grade 3...metode apa ya yg penyembuhan nya cepwt dan ga ada efeksamping dan ga sakit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditempat sy ada praktek dokter yg menggunakan injeksi (suntik obat tertentu) untuk mengatasi wasir. Banyak pasien yg mengaku sembuh setelah treatment sebanyak 5-8 kali tergantung grade wasir. Hanya saja kita kudu iklas habis 500rb per kunjungan dengan jarak 1x per minggu.

      Hapus
  44. Apakah operasi bisa di taggug kartu kiss... mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada baiknya jika konsultasikan ke faskes 1 dalam hal ini puskesmas.

      Hapus
  45. Apakah operasi bisa pake kartu kis... mhon pencerahan.a

    BalasHapus
  46. Balasan
    1. KIS itu produk BPJS gratis untuk masyarakat kurang mampu. Intinya sih bisa.

      Hapus
  47. Sakit gak operasinya mas admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat dioperasi tidak sakit, nah pasca operasi itu yg tiap2 orng beda2

      Hapus
  48. Sharing...

    Ane udah operasi wasir sebelum bulan puasa tahun ini. Tingkat wasirnya stadium 4. Minum obat anti nyeri ngga mempan lagi, akhirnya ane putusin operasi. Awalnya mau pakai BPJS. Mengingat kualitasnya yang ane ragukan (operasi konvensional), atau apakah ada biaya tambahan, akhirnya ane cari tempat yang pakai teknologi BEIM. Biayanya menurut cerita relatif lebih murah daripada cara lain.

    Sebelum operasi besoknya, disuruh puasa dulu. Udah gitu cek tensi dan cek darah. Kalau ada apa2 bisa dibatalin operasinya. Nunggu di klinik sempat panik, karena denger biusnya disuntik ke tulang belakang. Ane kira bakal sakit di suntik ke tulang, tapi untungnya cuma di persendian tulang. Seperti di gigit semut dan agak kesetrum. Setelah daerah pinggang ke bawah terasa kebas barulah operasi dilakuin. Ngga sakit. Totalnya makan waktu kurang lebih 30 menit. Abis itu nunggu bius ilang. Udah langsung bisa jalan, dan pulang. Tapi disarankan bawa orang yang ngantar. Sesampai di rumah langsung istirahat.

    Mungkin ane ngga seberuntung yang lain. Tapi ane beruntung pake metode BEIM karena ngga ada jahitan. Resiko pendarahan jadi minim. Jadi ceritanya ane punya maag. Obat anti nyerinya bikin ane mual2. Semua orang juga gitu. Tapi berhubung maag, apa yang masuk ke mulut ane langsung dimuntahin. Harus belajar atur nafas supaya ngga muntah. Awalnya ane pikir obat pencahar yang dikasih malah nambah mual. Akhirnya ane ngga minum, gantinya makan buah pepaya. Tapi kotoran masih kurang lunak. Pas BAB sakitnya minta ampun. Itu karena anusnya ngga bekerja seperti semula. Karet anus udah hilang. Wasir ane 90% keliling. Ane ngejan semampus mampusnya. Keluar darah beberapa tetes. Jadi apapun yang terjadi jangan berhenti minum obat pencahar sampai disuruh berhenti sama dokternya.

    Ane menderita banget selama seminggu. Tapi penderitaan yang sebenarnya baru terjadi dua minggu setelahnya. Ane ngalamin penyempitan anus. Biasanya itu diderita oleh pasien yang wasirnya keliling kayak ane. Pas masa penyembuhan lukanya mengkerut dan akhirnnya menyempitlah si anus. Malemnya ane ngga bisa tidur karena ngga bisa BAB. Padahal udah diujung. Perut berkontraksi terus tapi anusnya mampet. Ane sampai tidur samping WC. Pas mules tiap 5 menit ane coba terus sepanjang malam. Kadang keluar. Tapi sebesar ujung jari kelingking. Ane minum obat pencahar hampir satu botol. Bodo amat efek samping. Plus pepaya. Akhirnya pas adzan subuh bisa keluar sedikit demi sedikit. Nih kotoran udah numpuk 3 hari.

    Begitu klinik buka paginya langsung ane samperin. Langsung dilakukan pengecekan anus. Jari telunjuk dan tengah dimasukkan untuk mengukur seberapa sempit anusnya. Lalu ditekan ke arah atas bawah kiri kanan. Karena luka belum sembuh, terpaksa ane nangis. Setelah itu businasi harus dilakukan, yaitu memasukkan besi panjang ke dalam anus untuk mencegah penyempitan dan mengembalikan elastisitas. Jangan ditanya sakitnya.

    Sampai hari ini ane masih melakukan businasi. Tapi rasa sakit perlahan berkurang. Sebulan pertama businasi dilakukan setiap hari. 2x sehari. Pagi dan sore. Masing2 selama satu jam. Ane ngga berani masukin sendiri. Jadi harus bolak balik ke klinik. Untung kliniknya dekat. Pas bulan ke dua udah bisa dilakukan sendiri. Diganti dengan lilin. Tapi berhubung ane males2an, anusnya menyempit lagi. Jadi ane harus ngulang dari awal. Yang bikin ane males2an karena setiap masukin selalu berdarah. Kalau ngga sama perawatnya jadi kurang oke. Tapi ane ngga enak balik ke klinik lagi. Kayaknya mereka udah males. But it's okay. Ane cuma heran kenapa luka ane lama banget sembuhnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mimta no hp ny gan buat tukar fikiran karena kasus nya sama dengan saya. Mksh

      Hapus
    2. Gan mico bisa minta no hpnya atau sms/wa saya karena saya mengalami hal serupa ada yg mau saya sharing 081282222963

      Hapus
    3. Jadi takut, baru operasi BEIM 5 hari yg lalu dan sama wasirnya keliling..

      Hapus
  49. Ma saya juga lagi galau ini saya periksa wasir saya ternyata sudah grad 4, saya takut sekali oprasine,jadi saya memutuskan. Untuk suntik. Setelah di suntik satu hari sembuh, memasuki hari kedua kambuh lagi, kira kira ma allah waktu operasi sudah grad berapa? Dan setelah operasi aktivitas kembali bekerja berapa hari/ minggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Mas atau Mbak yang mau operasi, periksa aja ke dokter dulu, nanti ketahuan harus dilakukan operasi atau enggak
      Saya juga pasca operasi awal desember lalu, saya di rumah sakit total 8 hari , dan istirahat dirumah 7 hari baru setelah itu berani untuk mulai bekerja (ringan) masih takut yg terlalu capek dan berat
      Tiap hari air 2 liter lebih, dan buah pepaya (kates)
      Obat yang diberikan ada vitamin, obat lambung, antibiotik dan antinyeri
      BAB masih terasa sakit dan masih ada cairan lengket agak bau , kata dokter itu wajar

      Hapus
  50. Saya pasca operasi tgl 1 Desember kmrn. Pasca operasi pantangan makan pasti ada lah yg sy mw tanya apakah ada pantangan utk gerak or lakukan kegiatan pengaruh nya ke rasa nyeri dr kegiatan yg ky lakukan atw gak yah. Thank before

    BalasHapus
  51. untuk menghilangkan bekas luka atau keloid pakai obat penghilang bekas luka dan keloid LiquidRx skin aid, terbukti ampuh dan efektif gan..

    BalasHapus
  52. Bro kalau pake BPJS itu cuma cover benang jahit nya aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seluruh tindakan termasuk biaya kamar ditanggubg bpjs. Benang jarit jg ditanggubg bpjs, hanya saja untuk operasi ambeien lebih baik jika pakai benang yang nantinya menyatu dgn kulit. Ga apa2lah bayar sedikit, daripada nanti kontrol luka mesti tahan2 linu buat pencabutan benang.

      Hapus
  53. Sy operasi wasir tgl 21, tiap hari sy bisa bab 2 sampai 3x sehari pasca operasi,dan tiap hari rasa sakit n perih nya juga makin berkurang,yg jadi was2 sampai skrg tgl 26..kenapa ada cairan rembes kekuning2 an ya tiap sy lap pakai tisu?apa itu wajar ya mbak/ mas yg pernah oprasi wasir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keluar cairan lengket agak kekuningan dan berbau itu normal mas/mba sansun. Semua pasien yang pernah saya tanya juga mengalami hal yang sama.

      Hapus
    2. Tapi cairan itu yg bikin gatal,, sampai kapan yaa gatalnya ? Dan apakah itu wajar ?

      Hapus
  54. Mas arlan atau yg lain yg pernah merasakan bius utk tindakan operasi wasir, saya numpang tanya.. Untuk kegiatan sehari2 apa tidak risih dengan cairan yg berbau dan keluar itu? Apa ada cara utk mengatasi cairan yg berbau itu? Mohon pencerahannya. Lalu saya juga tidak tahu benang yg digunakan utk operasi, apa itu menyatu dgn kulit atau tidak -,- terimakasih admin arlan.

    BalasHapus
  55. Hai..buat yang pernah operasi wasir pakai metode stapler, saya mao nanya apakah setelah habis operasi gitu di anus masih terasa seperti masih ada benjolan atau wasir gitu ya??

    Soalnya suami saya tgl 26 des kemarin baru abis operasi dan hari ini tgl 30 des dia baru pulang dari rs. Katanya setelah operasi dia merasa kyk masih ada sesuatu yg mengganjal di anusnya. Skrg uda hari ke 4 setelah operasi, ganjalab itu terasa lebih kecil dari hari pertama operasi. Cuma yg mao ditnyain,,klo ada yg pernah alami seperti itu apakah ke depannya masih tetap begitu??

    Dan hari ini sblum pulang dr rs,kata dokternya harus bisa bab dulu baru boleh pulang. Dan memang akhirnya dia tadi bisa bab
    taoi itu dikit bgt,,paling setengahnya jari kelingking. Apakah itu uda trmasuk uda bisa bab ya??

    Buat yang uda ngalami, tolong bantu share ya pengalamannya. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrg gmna bu. Apakah sudah bisa bab.
      Share dong bu. Soalnya saya sama ga bsa bab

      Hapus
  56. Oh iya mas arlan, kira-kira berapa lama ya cairan berbau itu hilang? Sudah mau 3 minggu pasca operasi, saya blm hilang juga cairan yg keluar itu.

    BalasHapus
  57. Iyah ga serem kok op hemoroid itu, aku tgl 3 januari selesai op dan ga seperti yang orang2 bilang pas bab pertama ga ngerasain sakit cuma mules berlebihan maklum mungkin sudah d seting dokter biar ga bab dulu selama 2 hari padahal makan muluk. Dan selama ini lancar2 aja babnya padahal hemoroidku di ambil 2 dan itu gede2.. Jd yang mau op ga usah kawatir, dokter sekarang canggih canggih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Operasi dengan metode apa ya klo boleh tau mbak Desty?
      Skrang kondisinya gmna?
      Aku lgi planning operasi jg ini.

      Hapus
    2. Operasi dengan metode apa ya klo boleh tau mbak Desty?
      Skrang kondisinya gmna?
      Aku lgi planning operasi jg ini.

      Hapus
    3. Operasi nya pake metode apa mbak

      Hapus
  58. Iyah ga serem kok op hemoroid itu, aku tgl 3 januari selesai op dan ga seperti yang orang2 bilang pas bab pertama ga ngerasain sakit cuma mules berlebihan maklum mungkin sudah d seting dokter biar ga bab dulu selama 2 hari padahal makan muluk. Dan selama ini lancar2 aja babnya padahal hemoroidku di ambil 2 dan itu gede2.. Jd yang mau op ga usah kawatir, dokter sekarang canggih canggih..

    BalasHapus
  59. Saya rencana mau oprasi.. Wasir saya sudah stadium 3,,,, tlng teman" bagi pengalaman nya

    BalasHapus
  60. saya operasi tgl 18 januari lalu. bius lokal. operasi berlangsung cepat kira2 15 menit karena saya kondisi sadar kecuali perut sampai kaki gk ada rasa. efek bius baru hilang setelah 7,5 jam (normal 2-3 jam). dan sakit mulai terasa. BAB pertama langsung besoknya tapi sedikit. BAK di bantu kateter karena belum bisa. tgl 20 keluar dari RS.
    sampai sekarang BAB bisa 3 kali sehari tapi sedikit. dan sakitnya sangat luar biasa tiap BAB, tapi setelah selesai gk sakit lagi.
    tgl 24 nanti konsul lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tgl 23 jan kemaren habis oprasi juga, BAB uga susah cuma keluar dikit2 kaya sembelit, untuk BAK lancar aj.
      Apa emang seperti itu ya susah buat BAB?
      082227833322 wa saya kalau ada yg mau ngasih jawaban atau tanya jawab

      Hapus
  61. Mas mau nanya. .kmrn tgl 16 jan saya juga abis operasi dan sd hari ini saya sdh kontrol sampai 2x dan kata dokter juga tdk perlu kontrol lagi. Krn kondisi saya sdh baik tinggal pemulihan katanya bs sampai 3minggu. Memang kondisi saya sampai 2minggu kmrn baik2saja. Bahkan BAB saya lancar. Ya nyeri sedikit tapi sdh tdk seperti saat sebelum operasi yg sakit minta ampun. Dan setelah operasi saya sama sekali blm pernah berdarah. Dan setelah dinyatakan dokter kondisi saya baik, ehhh baru kemarin dn hari ini saya berdarah kalau saat BAB. Saya jdi khwtr ini emg lukanya yg belum kering atau saya kambuh lagi. Krn 2minggu stelah operasi saya tdk berdarah sama sekali saat BAB. Menurut mas enaknya gimana ya?

    BalasHapus
  62. saya juga dulu mengalami penyakit hemoroid yang lumayan cukup parah sakit nya, saya di anjurkan untuk oprasi, tapi karna kata orang orang bakal kabuh lagi dan bisa timbul penyakit lain saya jadi takut, untuk oprasi... karna ada teman saya yg sudah oprasi malah tambah sakit dan susah untuk bab, tapi sekarang beliau sudah sehat dan penyakit nya hilang total bab juga sudah nyaman kata nya, saya tanya ke teman saya itu kata nya dia brobat ke aceh, dng bpk yusuf, dalam hati gila jauh nya kalau harus brobat ke aceh, tapi dia bilang kamu gak prlu ke aceh cukup telp atau washapp beliau aja untuk konsultasi cara pengobatan yg aman baik dan nyaman...akhir nya saya branikan diri untuk konsultasi dng pak yusuf dan saya di njurkan untuk menjalani pengobatan nya dan obat beliau kirim dari aceh melalui paket, dalam hati boleh juga saya coba mana tau cocok masalah harga saya gak pikir sebab saya ingin sembuh... dan setelah saya minum obat beliau saya sudah enak kan dan baba sudah gak sakit lagi tinja juga banyak keluar itu baru 5 hari sya minum , dan setelah habis obat nya benjolan di anus saya sudah masuk lagi dan saya akhirnya bisa sembuh tanpa oprasi...bagi yang masih sakit saya saran kan coba hub pak yusuf kita saling br bagi pengalaman semoga br manfaat , no hp pak yusuf 085361675232

    BalasHapus
  63. Saya operasi tahun 2013, nyaman2 saja, malah merekomendasikan teman lain utk di operasi dg metode yg sama. Oktober 2016, karena pola makan, pola tidur tdk baik, susah BAB dan feses kecil-kecil. Lalu anus serasa penuh, ketika kontrol dokter ternyata ada feses kecil nyangkut, itu yg membuat radang. Desember 2016 di luar anus ada benjolan, meradang, sakit sekali saat jalan. Saya kembali ke dokter, katanya itu bukan wasir tapi trobus atau darah beku. Kemungkinan karena sering duduk terlalu lama. Tapi menghilang sakit dan benjolannya (kebetulan saat umroh), speechless sekali. Terakhir, maret 2017 perut perih, mual, muntah, anus tertutup sampai buang angin saja susah. Akhirnya konsul ke dokter via whatsapp, tapi googling malah dapat info gejala seperti yg saya alami adalah gejala kanker usus. Panik dan stress mungkin membuat saya makin drop lalu saya dibawa ke UGD. Tapi di UGD dokter jaga lebih fokus ke perih lambungnya. Sedangkan saya berfikir perihnya itu karena anus yg tertutup dan tdk buang gas itu. Tidak puas dg penanganan dokter jaga, besoknya saya ke spesialis dalam. Anusnya di dilihat sekilas, tidak cek dalam langsung menyimpulkan bahwa itu wasir. Akhirnya saya kembali menghubungi dokter wasir saya dan diminta datang untuk kontrol. Tgl 9 maret 2017 kontrol, lalu dijelaskan tdk ada wasir. Hanya kulit sisa yang kadang meradang saja, akhirnya ditawarkan utk dibersihkan. Sempat ragu, tapi bosan dg sakitnya yang sering kambuh, akhirnya saya setuju. Hanya 30 menit proses selesai (itu pun karena saya tersadarnya lama, pules banget). Hari itu justru tidak terasa keluhan. Jadi sya pikir karena sering merasakan yang lebih sakit mungkin, atau karena yg dibersihkan hanya kulit bagian luar saja. Malam kedua mulai terasa gatal. Menurut dokter karena tumbuh kulit baru. Untuk menghilangkan sakitnya saya berendam di air hangat ke arah panas. Hari ketiga gatalnya semakin sering, sehingga sehari 4-5x berendam. Ternyata sekitar anus justru merah-merah, mungkin iritasi, dan gatalnya semakin luar biasa. Malam ketiga (malam ini) kembali tdk bisa tidur karena gatal. Tp saya coba kompres dengan es batu (ice gel), terasa lebih baik (bisa sambil ketik ini) ^^
    Minta doanya teman-teman semua semoga cepat pulih.

    Saran untuk yang sdh pernah operasi, jagn sampai ada operasi kedua. Betul-betul jaga gaya hidup, pola makan. Merasa sdh sembuh saya makan pedasnya kuat, santan, atau telat makan,sayur, buah jarang konsumsi. Jd harus ada part 2. Semoga ada pelajaran yang bisa diambil dari cerita saya.

    BalasHapus
  64. hai mas arlan. sy bru operasi kemren tgl 15 maret.. tgl 16 sy udah cek out drimh skit.kalau kentutn sy lancarntapi bab susah.pernh sekali bab tpi udahnyaxjadi sakitt... dan klu btuk jadi ikut sakit...kya ketarik.kepal say sakittt bener.. apakah pernh mersakn sama. terus obt ap yg hrus dibeli diapotik

    BalasHapus
  65. Ane bru selesai operasi wasir internal tgl 14 maret grade 3-4 dgn bpjs, lancar setelah pasca operasi bius ilang gak merasa sakit, dan bab hari ke 2 gak sakit karna byk makan serat.. total ane di rawat di rs 4 hari bru bleh pulang..sekarang masih menjalani penyembuhan hari ke 9 dan hari ini bisa naik motor..kata dokter kunci di waktu bab penyembuhan pasca operasi harus makan berserat bab gak sakit dan saat bab jangan terlalu lama...saran ane bagi penderita wasir mau operasi jgan takut yaa..

    BalasHapus
  66. Alhamdulillah saya sudah sembuh...1-2minggu pasca operasi memang masa yg sangat menyiksa. Tpi klw ikut aturan dokter insha Allah akan cepat sembuh kok... minggu ketiga aku sudah bisa bekerja.sebelumnya aku operasi hemoroid grade 4

    BalasHapus
  67. Sy jg baru abis operasi hemoroid tgl 20 april 2017 kemaren...sama seperti mas Arlan sy jg cm sehari di rs...tp menurut pengalaman sy, operasi hemoroid sakit dan tidak ditentukan oleh tingkat keparahan wasir nya sendiri...klo grade 4 tp posisi wasirnya tidak menyulitkan artinya tidak sampai merobek dubur tentu saja penanganan operasi nya lbh mudah krn hanya dibuang penyumbatnya saja jd tidak merobek dubur dan tidak menyakitkan..ttp kakak sy tidak seberuntung sy krn beliau wasirnya udah parah dan harus merobek dubur..itu yg sangat sakit pasca operasi...

    Kalo sy tidak suka menunda ke dokter, jd begitu tonjolan tidak bisa dimasukan sendiri, sy lsg ke dokter dan dioperasi.

    Kalo kakak sy takut ke dokter, alasan malu dan takut sakit makanya wasirnya jadi tambah parah, dan pemulihan pasca operasi nya menyiksa..kakak sy setiap bab selalu nangis dan hampir pingsan..

    Jadi jgn suka menunda2 ke dokter deh...mending lsg di selesaikan...jgn melihara penyakit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang gimana mbak sdh pulih total ya???
      Di kasih obat apa saja mbak..
      Pengering luka di kasih apa tidak???

      Hapus
    2. Sekarang dah pulih total ya mbak??
      Di kasih obat apa saja.. ada obat pengering luka gak??

      Hapus
  68. Saya juga barusan operasi hemoroid tgl 22 April Minggu lalu, seminggu pas berlalu tapi sakit nyeri dan nyut nyut belum reda sama sekali. Bisa membuat saya konser dan salto salto sendiri di tempat tidur klw nyeri nya datang. Hari kedua dan ketiga bisa BAB meskipun harus menahan perih yg luar biasa. Kotoran masih bercampur darah. Tapi udah 4 hari ini belum BAB jadi hawatir jg sih.
    Ada yg tau nama obat penghilang nyeri gak untuk ini, soalnya yg dari RS gak mempan mengurangi rasa nyerinya.

    BalasHapus
  69. 8 hari yg lalu saya juga sudah oprasi metode potong lngsung. alhmdulillah saya bisa melewati masa2 sulit itu. intinya kita berdoa aja supaya semua berjalan dgn baik. klo ada yg mau share kontek ane aja via sms atau wa di: 08980313706 berbagi itu indah :)

    BalasHapus
  70. Sdh 8 hari lepas operasi, nyeri n nyut nyut masih terasa sehabis bab. Bab lbh sering 3x lbh dlm 1 hari, rendam pk 2x sehari.
    Metode operasi untuk internal pakai HAL LAR untuk external metode potong biasa, kondisi benjolan besar 1 di kanan dan sudah merobek kulit anus.
    Di RS 2 hari tanpa bab, 12 jam pertama tdk bisa BAK harus di kateter untk buka jalan setelah itu kateter di cabut.
    30 menit sampe rmh lsng BAB dgn darah yang saya anggap wajar karena bab 2 hari tentu keras. Hari 3 hari berikutnya pakai pencahar bab jd bubur, krn hr ke 7 mo kerja lg, pencahar di stop ganti buah n air yg cukup, sampe hari ini msh nyut nyut n nyeri terutama sehabis bab. Dokter kasih bekal pain killer yg keras dosis 1 x sehari. Hari ke enam coba nga di minum, hanya paracetamol 1 gram kalau nyeri n nyut nyut sdh menganggu.
    Perawatan hanya cebok n cebok yg rajin bila terasa gatal n tetap pakai kain kasa untuk menyerap cairan agar luka tetap kering.
    Doakan untuk melalui 2 minggu pertama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas wasir luar atau dalam??
      skrng gimana mas sudah membaik? benang jahitan nya sudah lepas blm mas?

      Hapus
    2. Dalam dan Luar.
      Yg dalm tidak ada keluhan karena metode Hal Lar tidak ada pembedahan untuk yg Luar di bedah sehingga ada luka.
      Benang Jahitan saya tidak pernah lihat dan dokter tdk pernah blng apa2 ttg benang itu. Hari ke 10 kontrol dokter katanya kondisi baik tdk perlu kontrol.
      Saat ini bab lancar tergantung asupan dan sdh stabil , namun sdh 2 hari bab berdarah walau tidak banyak darahnya.
      Sejauh ini jauh lebih nyaman di banding sblm operasi.
      Tunggu 1 s.d 2 bln untuk pulih total.

      Hapus
  71. ane operasi tgl 12 mei.
    ko benang jahit nya blm lepas juga ya?? apakah mungkin saya ini tdk dijahit??

    BalasHapus
  72. Saya salut kpd anda semua yg telah menjalani operasi wasir dengan metode potong langsung..bagi yg masi grade 1 atau 2 jagalah gaya hidup kalian..grade 3 atau 4 semoga di beri kesabaran dalam pasca op nya...semoga waktu ini jg cpt berlalu bagi saya yg baru operasi wasir stadium 3 5hari yg lalu..metode potong lsg..

    BalasHapus
  73. Alhamdulillah sya sktr 10 hari yg lalu melakukan operasi hemo pakai metode potong langsng. Utk skrg keluhannya masih mengeluarkan cairan jadi agk ngerembes gitu dan berbau. Kira-kira hilangnya bau itu berapa lama ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normalnya sih sebulan mba. Tenang saja, pasti hilang kok 😊

      Hapus
  74. Admin punya fb gx? Kalau pnya nmnya siapa min.

    BalasHapus
  75. Kalo mau oprasi pake bpsj harus kepuskesmas dlu ya baru nanti dari puskesmas menyuruh kita ke rumah sakit yg di tentukan oleh pihak puskesmas td .mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alurnya memang demikian, kita mesti ke faskes tk 1 (puskesmas) untuk dirujuk ke RS

      Hapus
  76. Kalo mau oprasi pake bpsj harus kepuskesmas dlu ya baru nanti dari puskesmas menyuruh kita ke rumah sakit yg di tentukan oleh pihak puskesmas td .mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  77. Asalammualaikum

    Mas maaf saya ingin sharing masalah hemoroid., kemarin tgl 21 saya operasi ambien pasca operasi sampai sekarang tgl 27 saya mengalami pendarahan yang keluar dari dubur..maaf apakah itu normal ? Dan waktu tgl 26 saya baru BAB lalu saat BAB kenapa rasanya sakit sekali sampai gag kuat nahan rasa sakit kondisi saya menjadi lemah dan hampir pinsan dibantu kedua orang tua saya ., saya di papah untuk berdiri dan berjalan , apakah hal seperti itu wajar ? Saya jadi trauma untuk BAB ada perasaan takut untuk BAB ., saya baru dapat jadwal kontrol tgl 31 ., apakah ada saran mengenai susah BAB ? Padahal saya sudah mengkonsumsi buah sayur serta makan yang halus seperti bubur.,
    Mohon sarannya terima kasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba, terkait permasalahannya, saya rasa dokternya lebih mampu untuk menjawab ketimbang saya 🙂

      Hapus
    2. Malam mbak any febby saya juga baru 8 hari pasca operasi wasir dan keluhan sama seperti mbak, apakah saya boleh bertanya? Bila boleh tolong sms atau WA saya di 081282222963 krn saya sgt bingung dan tersiksa sekali trims

      Hapus
    3. Malam mbak any febby, saya juga mengalami hal sama seperti mbak pasca operasi hari ke 8 saya hari ini, bolehkah saya japri mbak? Krn ada hal yg mau saya sharing, krn sgt bingung dan tersiksa kalau blh minta tlg sms saya atau WA di 081282222963 trims

      Hapus
  78. Makasih admin atas tulisannya...akhir sy berani operasi hemoroid grade 3 ternyata tdk seperti yg sy bayangkan operasi berjalan dgn lancar rasa sakit tdk terlalu karna semua sdh diperhitungkan oleh dokter jd obat penahan sakit pasca opersi sdh disiapkan sy operasi dgn sistem stepler diRS Wisata UIT Makssar oleh dr.I Wayan maksih dokter atas semuanya..
    Sy bisa kembali beraktifitas dihari ketiga pasca operasu

    BalasHapus
  79. Mas kalo baca webnya hati tu tenang dan ga takut tp jd ngeri pas baca komentarnya.....sedih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan takut kak ully.. ga sakut kok operasinya.. sakitnya setelah bius abis aja.. itupun msh bisa ditahan kok..
      Saran aja paska operasi kalo mau bab mending tahan nafas aja biar anusnya ga nyingkup2 untuk ngurangi rasa sakit sama ngurangi pendarahan..
      Oh iya aku operasi oake metode konvensional

      Hapus
    2. Aku minggu dpn operasi, takut tapi sdh ambil keputusan. Bener nih metode konve juga sakitnya bisa ditahan ?

      Hapus
  80. Ada ga obat yg bener2 bisa nyembuhin tanpa operasi??

    BalasHapus
  81. asslamualaikum mass.. berapa lama rasa sakit pasca operasi sembuh dan BAB normal seperti biasanya ya? dan apakah setelah sembuh tidak akan ada keluhan lagi?dan berapa lama proses penyembuhan totalnya ya? insyalallah minggu depan saya akan menjalani operasi stad 4 sya minta doa agar semuanya lancar ya semua ,aminn..

    BalasHapus
  82. Sy sudah 3mingguan pasca operasi ambeien tapi kenapa bab susah sampe ngeden padahal feses gak keras??

    BalasHapus
  83. Saya operasi wasir 6 hari yang lalu. Sudah bab h+2 namun baru sedikit sekali seperti mencret dan terasa perih dan panas di dubur. Kemudian besoknya saya sudah boleh pulang.h+4 masih terasa susah bab padahal sudah banyak makan sayur dan buah sampai2 saya pake obat pencahar dulcolax baru bisa keluar itu pun ga banyak. Namun sesudah bab kenapa terasa ada yg keluar? Setelah saya berdiri seperti ada yg naik. Seperti yg saya rasa ketika msh ambeien. besoknya lagi ketika hbs bab juga seperti itu. Kira2 kenapa bisa kyk gitu ya? Masa ambeien saya kmbuh lgi baru beberapa hari...padahal saya juga tidak mengejan. mau tanya ke dokternya lagi tp jdwal kontrol hr senin minggu depan..
    Terima kasih

    BalasHapus
  84. Mau bagi cerita sih
    Mungkin saya tidak seberuntung kalian Saya waktu tanggal 22 desember kemarin melakukan operasi hemo di rumah sakit brawijaya Surabaya, awalnya takut sempet ada drama* gtu hehe tapi berkat di dukung sama banyak kluarga jadi saya brani, saya pake bius yg di suntik di punggung rasanya yaa gtu lah nyeri* gmnaa gtu, operasi gak lama cuma 30menit, stelah itu di bawa ke ruang sterilisasi untuk nunggu hilangnya efek bius tapi cmn beberapa jam saya sudah balik lagi ke kamar rawat saya 4hari pasca operasi baru bisa bab dan rasanya waow hehe karna saya dari rumah sakit hanya di Kasih obat nyeri dan antibiotik saja dan obat rendam setiap pagi mau bab mesti galau dulu dan setelah bab saya cmn bisa nangis hehe apalagi saya tipe orng yg gabisa nahan sakit dan sampe skrng saya ngetik ini saya masih ngerasain nyeri apalagi saya skrng juga lagi pms jadi rasanya dobel kil eh salah dobel gaenak rasanya kalau kluar lendir sama bercak darah itu sih masih wajar malah saya kmaren di bak rendam sampe kluar lendir gtu banyak yaa mngkn ini tahap mau sembuh kali yaa
    Yaa saya minta doanya ajaa biar cpt sembuh dan bebas merdeka dari rasa yg ini hehe. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Tiya, bagaimna kondisiny skrang?
      Mgkin bsa berbagi penglamnny

      Hapus
  85. Saya juga disruh operasi sama dokternya,, awalnya sih saya berobat dipuskesmas, karna tiap datang saya ngeluhnya sama.
    Jdi dokter puskesmas udah bosen liat saya, ��
    Kalau kamu ngeluh terus mending operasi aja.
    Ya akhirnya saya mnta surat rujukan ke RS.
    Dan kata dokter bedah, saya harus dioperasi.
    Tpi saya takut sama biayanya, tiba2 nanti ada biaya tak terduga ����.
    Rencana tgl 2 februari 2018 saya operasi.
    Mohon doanya Kapan2 smua, pdhal takut pisan saya ��������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana sudah operasi bro?
      Bagi pengalamanny ya.

      Hapus
  86. Udh pernah ada yg coba sistem safute gak.. Kok disitu kata nya ga sakit ya, bener ga sih.??

    BalasHapus
  87. Siang tadi saya ke dokter bedah & memberanikan diri memutuskan operasi hemoroid stad. 3 tgl 9 April ... ngeri sih tapi mudah2an keputusan sy tdk salah.

    BalasHapus
  88. Mudah2an keputusan sy utk operasi ga salah, takut banget sih ... tapi sy sdh pilih tgl 9 April 2018 ini, semoga lancar & diberi kekuatan.

    BalasHapus
  89. Bli mau nanya, maaf sebelumnya kalo pertanyaannya agak gimana, skrng apa permukaan duburnya itu mulus tanpa benjolan lagi? Dan sudah 2 tahun gimana rasanya, apa kalau BAB itu tidak bisa ditahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, gimana ya, seperti layaknya dubur normal seperti yang lainnya. Saat ini kebelet BAB masih bisa ditahan khususnya jika jauh dari toilet

      Hapus
    2. Sudah 3 minggu yg lalu operasi wasir, BAB msh seminggu 2X, memang kata dokter baru bisa normal setelah 8 minggu, tapi di tengah anus tetap masih ada benjolan kecil sebesar kacang tanah, kata dokter sih itu kulit dari jaringan baru, tapi sejauh ini operasi wasir bikin tenang karena penyakit menahun ini sudah hilang.

      Hapus
  90. minta doanya ya saya akan operasi hemoroid dengan status grade 4 tgl 11 april, semoga lekas sembuh..

    BalasHapus
  91. Seminggu lalu sy operasi hemoroid dan sdh bisa BAB, tapi hari ini blm BAB jadi bikin ada rasa mengganjal ... pernah ngalamin ga ?

    BalasHapus
  92. Seminggu lalu sy operasi hemoroid dan sdh bisa BAB, tapi hari ini blm BAB jadi bikin ada rasa mengganjal ... pernah ngalamin ga ?

    BalasHapus
  93. Mau tanya dong, itu operasinya jenis apa dan rasa sakit setelah bius hilang itu sama seperti nyeri saat ambien keluar atau lebih nyeri lagi yaa hehee

    BalasHapus
  94. Mau tanya dong, dulu operasinya jenis apa ya? Dan mau tanya rasa nyeri setelah operasi sama kayak nyeri sewaktu ambien keluar atau lebih nyeri lagi yaa?

    BalasHapus
  95. Seminggu yg lalu sy baru operasi hemoroid, setelah bius hilang nyerinya luar biasa sampe nangis dan meronta semalaman sampe istri tak suruh kipas2 bagian yg di operasi, keesokan harinya adem ayem pas hari ke2 sampe sekarang abis bab wow...sakitnya tuh di sono ampe sekarang, tp berangsur berkurang sich...minta doanya aja biar sy cepat sembuh dan yg lg ngalamin sama rak doakan juga biar cepat sembuh...amiin..

    BalasHapus
  96. Numpang komen mas Arlan, Seru seru gimana gtu membaca pengalamannya, sy operasi hemo 24 Maret 2018, scara umum sama keluhannya, susah BAB, ngeden sekencang2nya yg keluar cm dikit, usaha tdk sesuai hasil, tp disitu banyak mengucap rasa syukur, krn msh bisa keluar, konsumsi obat wajib kalium diclofenac udh hampir 100 tablet sampe skrg, msh nyetok 100 lg, obat pencahar dpke jika diperlukan saja, sy pilih yg glycerin, semoga kita semua diberi kesembuhan dan diangkat segala rasa sakit kita, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsumsi obat wajib kalium diclofenac itu manfaat nya utk apa gan kalo boleh tau..

      Hapus
  97. Mau sharing aja. Tgl 23 mei 2018 ini sy baru aja melakukan operasi hemorroid utk int dan ext wasir. Diperbolehkan pulang tgl 25 mei 2018. Alhamdulillah utk BAK tdk ada masalah tapi baru bisa BAB pada tgl 27 mei 2018 itupun hanya 2x dan yg keluar hanya sedikit bentuk pipih seperti rasanya dianus ada alat pemotongnya. Tapi rasanya saat BAB benar2 perih dan sakit. Tgl 28 BAB sebanyak 6x namun volume fesesnya sdh agak banyak. Tgl 29 BAB juga 6x dengan volume yg lumayan banyak tidak pipih lagi hingga pada tanggal 30 bener2 sdh bisa BAB dengan bentuk seperti biasa bulat lonjong, ini karena sy bantu minum kapsul daun ungu utk memperlunak feses. Tapi masalah nyeri saat BAB masih ada. Kira2 berapa lama ya BAB bisa normal kembali krn sebelum operasi sy BAB rutin 1x perhari. Sy dah konsul via wa ke dokternya katanya itu karena pengaruh psikis yg takut bab pasca operasi sehingga tdk tuntas babnya.

    BalasHapus
  98. Kiat2 untuk melewati tantangan kedua itu gimana? Saking gugupnya tanganku nyelup ke air supaya tenang

    BalasHapus
  99. Hai tmn2..
    Saya jg br saja menjalankan operasi hemoroid stadium 4 pd tgl 25 mei kemarin.. dan sampai saat ini saya msh merasakan nyeri saat b.a.b dan rasanya ga bs ditahan.. kepingin mengejan terus.. kata dokter yg menangani saya itu wajar..itu adalah sensasi saat membuat jaringan baru..
    Tp ga tau brp lama semua itu berlangsung krn saya sdh merasakannya hampir 2 mggu ini..sampai2 saya hrs keluar dr kerjaan krn sudah terlalu lama ijin..
    Smoga kita semua yg pernah menjalani operasi hemoroid diberikan kesehatan..

    Aamiin

    BalasHapus
  100. saya telah menjalani operasi hemoroid tgl 14 mei 2018, operasi konvensional emang sakit, saya telah konsultasi sama dokter bedah, nah buat saudara yang pingin operasi hemoroid saya sarankan memakai alat sebelum menjalani operasi, alatnya HAL RAR, saya tidak ditawarin alat tersebut oleh dokter bedah, karena pasien pakai bpjs, katanya untuk pasien bpjs takutnya menyangka bahwa pihak RS mengambil keuntungan, itu alat dari distributor hanya sekali pakai, kurang lebihnya sekitar 4 jta penambahan biayanya, lebih baik mendingan pakai alat itu soalnya tidak seperti operasi konvensional, hemoroid di potong jadi proses penyembuhan pasti lama, kalau pakai alat itu pembuluh darah kita di ikat, jadi hemoroid mengecil dengan sendirinya. penyembuhan lebih cepat kata dikter bedah 1 minggu sudah bisa beraktifitas normal lagi, coba aja lihat operasi hemoroid HAL RAR di youtobe. saya telah merasakan sendiri operasi konvensional yang begitu menyiksa, terimakasih buat saudara yg akan dioperasi jangan takut, perkembangan kedokteran telah canggih

    BalasHapus
  101. Saya baru operasi hemoroid 27 Juni 2018 kemarin, Alhamdulillah nyeri saat malam hari mulai berkurang, namun saat BAB 1 sampai ke 4 sering merasakan sakit yg luar biasa walau tidak terlalu lama, akhirnya saya takut untuk BAB walau perut rasanya mules, ada masukan ga mas agar tidak sakit saat BAB?

    BalasHapus
  102. Kunjungi akun medium saya, berbagi pengalaman ttg operasi wasir...

    Semoga memberi manfaat...

    https://medium.com/@hendra.abbukhansa78/pengalaman-tentang-penyakit-wasir-hingga-operasi-wasir-ff68bb4c8027

    BalasHapus
  103. Apa semua yg sdh operasi wasir mengalami penyempitan anus

    BalasHapus
  104. Komen PD serem jadi takut operasi gimana nih

    BalasHapus
  105. Om. . Sy abis op. Hemoroid pasca operasi smpe buka tampon merasakan nyeri panas snud snud luaaarr biasa. 3hr sy blm bab nih

    BalasHapus
  106. Alhamdulillah hari ini saya keluar dr rs , setelah oprasi , baru bab sekali semoga cepat sembuh

    BalasHapus
  107. Slamat siang, sy abis operasi wasir 7hr kok mncul benjolan lagi ya.. .

    BalasHapus
  108. , maaf,,,
    Ada gk yg abis operasi ada benjolanya, , n kpan yah kempesnyaa,,, udah minggu ke4,, , nihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, ada baiknya dikonsultasikan ke dokternya :)

      Hapus
  109. Iya saya juga muncul n minggu ke 4 belom kempes2, , n sakit,,,

    BalasHapus
  110. Yang habis operasi ada benjolan, boleh sering gk,, ,, punya saya ada n lom kempes,

    BalasHapus
  111. manteb masih aktif,
    soal cairan yg keluar setelah operasi itu memang wajar ya? untuk ngatasinya gimana biar gak tembus ke celana

    BalasHapus

Posting Komentar