Redeem Code Primogems Claim Sekarang!

Kuota smartfren ngilang, lari kemana ya?

Empat hari semenjak beli kuota 5gb (untuk Smartfren MiFi Andromax M2Y) tiba-tiba hilang bak ditelan bumi. Ga terima sih, akhirnya sampaikan keluhan ke akun twitter Smartfren, dan jawabannya...


Meeh, sepertinya sepele bgt, kuota habis ya beli lg, gitu aja repot. Hanya saja masalah ga sesimpel itu.

Pada tanggal 14 nov 2015 lalu saya melakukan pengisian pulsa sebesar Rp.100.000, secara otomatis mendapatkan kuota sebesar 5gb 24jam dan bonus internet yang terakumulasi dengan sisa bonus sebelumnya sebesar 20gb.

Kuota 24 jam (5gb) saya gunakan untuk browsing, main game dan streaming selama 15 menit, sementara itu pada pukul 06.00 wita (kuota bonus) digunakan untuk perbarui game/apps, ternyata pada tanggal 18 nov 2015 jam 11.00 wita internet sudah tidak bisa digunakan lagi, saya cek di my.smartfren.com ternyata kuota 5gb sudah habis dan bonus kuota sisa 12gb.

Jika dihitung-hitung, pemakaian kuota internet lebih dari 1gb/hari, lu kate warnet? Ya ga terima dong..


Oleh Smartfren care saya diminta no smartfren untuk di cek, sayangnya setelah dikonfirmasi nomor Smartfren yang dipakai sebagai WiFi hingga kini belum ada tindak lanjut, maka curhat via blog pun terjadi.

Apa pelajaran yang bisa dipetik dari sini?

Pertama, sepertinya smartfren harus memperbaiki fitur informasi sisa kuota di website resminya, yaitu my.smartfren.com. Berdasarkan pengalaman, kuota bonus aja sudah sering-sering kepotong drastis, gimana ga spaneng kalo kuota 24 jam (5gb) tiba-tiba habis.


Contohnya begini, saya pernah cek kuota internet dan pada waktu itu sisa bonus kuota sebesar 11gb, ternyata besoknya dicek lagi sisanya 6gb, padahal belum dipakai ngapa-ngapain. Sistem yang error? Mungkin.

Kedua, seharusnya smartfren memberikan feedback cepat terhadap keluhan pelanggan, bukan hanya sekadar "whats ur problem man?" Tetapi lebih ke solusi yang memuaskan.

Tapi salut juga buat Smartfren karena sudah sanggup menyediakan 4G LTE untuk di daerah saya, seperti kantor di Kintamani, kampung di Gianyar dan kos di Denpasar, cuman ya, sistemnya diperbaiki lagi deh biar lebih akurat, jadi pelanggan ga perlu was-was kuotanya meluncur drastis akibat sistemnya yang belum maksimal.

Ya, menurut saya sih belum maksimal.

Komentar

  1. Wah sama nih kejadian nya... saya juga begitu... biasa diawali dengan koneksi melambat panah data di mifi ngeblink terus dan panah data di hp up doank gak ada down nya, tapi internet gak jalan. Gak lama pasti kuota kesedot banyak banget.
    Susah kalo komplen ke smartfren pasti bilang karena pemakaian kita. Saran nya pasti simple.. matiin koneksi... lah kalo koneksi di matiin, buat apa gua beli kuota loe?
    Pembuktian juga susah.
    Udah ketipu waktu beli mifi katanya promo dpt 30gb ternyata kagak cuma dpt 5gb. Alasan nya tanggal aktif nya beda... lah beli nya pas promo kok.parah emang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimanapun jg masalah kuat2an jaringan ya Smartfren ini bisa diandelin di Bali, cuman ya itu, kadang was2 jg sekali nyalain nih paket. Tiba2 abis, sayangnya ribet cek kuota via wifi.

      Hapus
  2. Gmana mau maju..trauma w beli smart

    BalasHapus
  3. Gmana mau maju..trauma w beli smart

    BalasHapus
  4. Ternyata ga cuma sy yg ngalamain, tadi malem dicek masih 1400MB ltupun malemnya signalnya hilang muncul agak lama. Pas pagi sy mau browsing lho koq masuknya ke smartfren, opa kuota habis! Lhooo koq bisa yaa pas dicek bener dong 0KB. Rugi niih :'(

    BalasHapus
  5. baru saja saya mengalaminya, hingga sy ketemu blog ini, dan teman2 jg pernah merasakannya,, sy juga jadi trauma

    BalasHapus
  6. rugi.. bonus ilang pengisian 100 ribu dapet 5 gb ikut ilang... itu pemakain baru 5 hari hanya untuk browsing dan main game..nyesel gw beli smart mendingan gw beli kuota internet hp gw kalo tau gini...

    BalasHapus
  7. Gak beda jauh gan, pake mifi andromax m3y, isi top up total 150 ribu, gue cek info bonus masih 20Gb, dipake streming bentar, kluar dari youtube gue tinggal tidur paginya ilang gitu aja kaya dicolong tuyul

    BalasHapus
  8. kalo sy kejadiannya yang pertama lupa isi ulang...
    otomatis kuota ilang... okelah
    yang kedua kali sy sampe tulis di atas modem tanggal masa aktif sd 10 Febr 2017 jam 19.52...
    pagi ini tanggal 10 febr 2017 jam 11.00, kuota udah ilang...
    telp CSnya dibilang paket diperpanjang otomatis tgl 10 febr 2017 jam 00.00
    kesel jg kuota masih banyak kurleb 15gb trus ilang gr2 salah informasi kaya gitu...
    udah coba hati2 sampe dicatet di atas modem, tetep ilang jg...
    hiks...

    BalasHapus
  9. Gilak, punya saya juga iya, tiba2 kuota ilang!, parah bener

    BalasHapus
  10. Saya juga..11gb tiba2 hilang..tinggal 21mb doang

    BalasHapus
  11. Tanya dong gan, kalau mifi nyala terus tapi gak dipake/Tdk tersambung ke HP,apakah bisa nyerap kuota juga?

    BalasHapus
  12. Saya juga sama baru aja kemarin isi yang 60k dapet 2GB+1GB Bonus, tadi pagi lenyap .. yaudah tadi siang saya isi lagi 60k ini malem jam 7 udah lenyap lagi 😑😑 ..
    Gila sumpah mulai hari ini saya berhenti pake Mifi Smartfren,langsung buang ke kotak sampah .. bukan masalah jumlah uang yang keluar sia2 tapi butuh informasi yang jelasnya aja sih

    BalasHapus
  13. pada realnya modem smartfreen entah itu M3Y,M3Z dan yang lainnya sama kasusnya ketika modem itu standby ON dan tidak terhubung ke Handphone atau tidak dipakai buat browsing data/kouta itu terpotong dengan sendirinya rata rata permenit itu dia menghabiskan 1,5 Mb data internet, nah sikat kata jika di modem itu ada 5000 Mb tinggal hitung aja standby On gak dipakai,hehehe😁😁 kenyataannya kita rugi besar kan , so lain kali lebih cermat ya

    BalasHapus
  14. Baru seminggu modem mati 150k hilang

    BalasHapus
  15. Wah kejadiannya sama banget sama gw. Ngisi kemaren 60rb dpet 2GB + 1GB + bonus 2GB krena pmakaian msih 5 bulan. Lahh.. cuman dipake facebook doang sama baca komik 10 chapter udah ngadat. Dicek kok ilang semua total 5GB gw dlam sehari?! Ditanyain ke CS bilangnya pemakaian dll meskipun pemakaian, apa wajar 5GB langsung abis gitu hah? Ga buat streaming pula. Kmpret bener ini smart. Kapok dahh, kapoookk.. 😡😡

    BalasHapus
  16. Iya sama juga , masa kuota di cek kemarin tinggal 1,7 GB tiba2 hilang gitu aja besoknya, apalagi mau komplain ke operatornya juga susah

    BalasHapus
  17. Ternyata banyak juga yang ngalamin kuota tiba tiba hilang ya. Saya juga baru nyoba paket harian,dapet 30 MB,dalam beberapa detik,belum dipakai langsung berkurang 12 MB. Dan dalam waktu satu jam langsung habis 30 MB.Coba perpanjang lagi,ternyata sama aja,langsung terpotong jadi 12 MB. Dalam waktu sejam sudah habis padahal hanya dipakai wa. Sudah 3x lapor ke kantor smartfren dan 2x bilangnya mau dihubungin IT sampai sekarang tidak ada jawaban. Jadi menyesal pakai Andromax.

    BalasHapus
  18. yes sepakat, ternyata modem mifi andromax ini hanya standby on saja ngabisin kuota internetnya, jd kalo gak dipake mending di matiin aja modem mifinya, dicoba cm standby aja gak ada aktifitas internet apapun kuota jalan terus...aneh juga sih standy doang kok datanya kepotong terus...

    BalasHapus
  19. Andromax judulnya aja 13Gb....malah hilang gk jls...parah!!!

    BalasHapus
  20. kok nggk ada tanggapan dari pihak smartfreen yaa

    BalasHapus
  21. untuk yg kedua kalinya ane gedeegg
    pertama beli paket Mifi yg 150rb tjarang dinyalain tiba2 seminggu abis
    trus isi ulang yg paket 100rb (5Giga) eh dlm 2 harian tiba2 tinggal 20an Mb, fk

    BalasHapus
  22. Mas, sy turut mengheningkan cipta

    BalasHapus
  23. Ya ampun.. Ternyata banyak juga yang ngalamin...
    Punya saya juga tiba2 hilang 18GB kuota utama hilang begitu aja. Terakhir ngisinya 11 atau 12 september kemarin 300.000. Kuota utama yg 18 GB hilang gitu aja. Sedih banget.. Kecewa..

    Saya coba berpikir positif, mungkin belum rejeki...

    Trus barusan saya ngisi lagi 300.000 kali aja nggak hilang. Ternyata hilang juga kuota utamanya. Padahal biasanya kalau ngisi 300.000 dapet kuota utama 18GB, dapat kuota bonus juga 18GB. Lah ini kuota utama 0 KB, kuota bonus 2.8 GB. Sedih banget.. Kecewa sama smartfren.

    BalasHapus
  24. Aku beli kuota 13gb 2hari lenyappppp,,,cuma dipakai buat bbm

    BalasHapus
  25. nah, aku aja baru beli Rabu malam, hari ini (Jumat dah mau abis), padahal belinya yang 150K ( 9 GB kuota utama, 7 GB bonus), tinggal 900 MB coba,tapi ngabisin nya di kuota utama, bukan di kuota internet malam.
    di internet malam aja pake youtube 30 menit aja habisin 300 MB...
    bangsatt dah

    BalasHapus
  26. Setelah bertaun taun jadi pelanggan akhirnya ngalamin juga..hilang kuota.. isi kuota 25 rebu 1giga.. 10 menit kemudian ada sms kuota anda telah habis (ralat 9 menit) kondisi hp saya tinggal mandi.. trus bikin laporan cust servicenya bilang memang pulsa terpotong tapi transaksi gagal.. denger jawaban gitu berati tinggal nunggu masuk aja kuota saya.. besoknya ditelpon smartfren klo transaksi ngga ada masalah dan mungkin habis dipakai tanpa disadari.. ngga mungkin ada pencurian kuota (nada tinggi dia) yang bikin bingung aplikasi apa ato kegiatan apa yang bisa ngabisin 1gb dalam 9 menit..barangkali ada yg bisa kasih tau biar ngga gagal paham saya..hehe bukan karena 25ribu peraknya.. penjelasannya cust servicenya bikin heran.. kalau mau, tuntut saja customer servis yang pertama bapa ajak ngobrol.. lah

    BalasHapus
  27. Kemarin baru beli smartfren GSM buat m2y mash 11 gb , tbtb paginya sisa 5 gb knp ya ?

    BalasHapus
  28. kuota utama tidak muncul saat pengisian ulang

    BalasHapus
  29. sama gan.. gue malah 3hari langsung gk bisa digunakan.. pdhal baru beli 65rb dapet 13gb.. sekalipun kuota habis seharusnya masih bisa sosmed karna ada kuotanya sendiri.. nah ini tetep gk bisa.. parahhhh :(

    BalasHapus
  30. Setelah barusan saya mengalami hal yang sama dengan kawan-kawan. Dan sering pula pada hari-hari yang lain. Ternyata Smartfren emang kampret, Kuota sering ilang gak jelas nih.

    BalasHapus
  31. Wah ternyata nasib ane juga sama nih, kuota 8gb cuma bertahan 2 hari, ngilang ditelen bumi.

    BalasHapus
  32. Barusan ngalamin juga. Sehari ngabisin 5gb padahal cuma browsing2 sewajarnya tp tiba2 habis gitu aja. Pas complain katanya emang pemakaian nya segitu. Ya nggak masuk akal lah

    BalasHapus
  33. Baru tadi beli kuota 16gb yg terbagi jadi 2 yaitu 8gb 24jam dan 8 gb jam 1_4 pagi... Baru di pake bentar kuota 8gb 24jam tinggal 50mb,,saya liat di totoal pemakaian baru 3 gb... Sisanya kmna??

    BalasHapus

  34. 30/07/2018 beli 20 rebu dpt 2gb biasanya,baru di cek di mysmart loh kok 10mb dah itu tak tutup mysmartnya lalu ku cek lg ,eeh tnggl 7mb tak tutup lg lalu ku bukak lg loh kok tnggl 3mb lalu 2mb lalu aku berfikir ini kesalahan pegecer atau....oprator,kira2 jam 18 saya beli sampe jam 20, dahh gak bisa,saaama sekali,jadi puyeng pala ni, kok bisaa begiiiini

    BalasHapus
  35. Sy mau tanya apa my fi M3Z klau ga d isi kuota,kartu ny hangus spt kartu hp?

    BalasHapus
  36. Cuma komplain, tadi 22.00 sebelum tidur sy cek kuota bonus msh 6 gb lebi dan kuota malam msh 7 gb lebih, trus bangun jam 01.14, biasa buka buka youtube, biar kuota malam bisa kepakai, kuota ini sy beli tgl 26 juni 2019, berarti waktunya lama dong, 16 gb, sy hitung2 per hari pakai 250mb bisa cukup sebln, stidak nya 3 minggu, ini aneh, baru saja sy cek, kUOTA BONUS ANDA HABIS, COBA SY CEK, BENAR ADANYA, KUOTA MALAM JUGA HABIS, NGGAK MASUK DI AKAL, SY pakai sampe tangan kriting aja tuh kuota nggak bakalan habis dlm satu malam, kemana?. Aneh bikin kapok pelanggan,

    BalasHapus
  37. Ngalamin juga, kuota bonus ada habis info dari 888, sy cek benar adanya, padahal jam 22.00 sblm tidur di cek bonus kuota msh 6 gb, kuota malam msh 7 gb lebih, jam 01.14 buka youtube, tujuannya biar kuota malam gak mubazir, hehe. Sempat bingung juga, cek pake my smartfreen nihil, pake *123*7# gak bisa, akhir sy mati aja hpnya, coba bsk pagi, jam 06.00 lebih, penasaran coba cek lagi, kok aneh, kuota yg di infokan dari 888 habis, pas di cek msh ada, kenapa sepwrti ini, entah dimana error, tp yg pasti trim ks smartfreen, bingungnya dah sembuh,( buat agan pengguna smartfreen coba aja cara sy, mungkin seperti kejadiannya)

    BalasHapus
  38. 2x ngisi avis ga jelas. 3 hari ngisi lgsg abis. Dicek baru pemakaian 500mb.padahal ngisi kuota 5 giga 24jam 5giga kuota malam. Kirain masalah kartunya. Coba ganti kartu doank masih pakai smartfren ternyata gini lagi.. Wkwkwk emang rezeki nya smartfren. Terima kasih smartfren. Saya jadi ga mau pake smartfren lagi.

    BalasHapus
  39. sama dengan pengalaman,,beli kuota yg 10gb.
    5gb 24 jam
    5gb kuota malam..
    voucer baru dmasukin,,,blum dgunakan apa2,,sudah kepotong 500mb..
    siapa yg makan????

    BalasHapus
  40. baru kali ini mengalamin sendiri kuota smartfren mifi andromax berkurang (400mb dalam 4jam). bisa juga sudah lama, cuma saya tidak menyadari. saatnya mencari alternatif lain.
    kasian smartfren, klo tidak diperbaiki akan menuju kehancuran seperti bolt.

    BalasHapus
  41. Ternyata banyak ya yg ngalamin kuota ilang, 2 hari lalu beli isi ulang smartfren 10 gb,buat anak sekolah, kudu online, katanya 5 gb siang, 5 gb malam. sisa sebelumnya midnight kuota masih 2,5 gb, masa 2 hari pagi ampe siang buat belajar online ga buka youtube, 5 gb abis, sisa midnight kuota, 7,5 gb, tadi malem jam 10 chek masih 7 gb an, nunggu paket malem gw keluar dulu, jam setengah 1 balik rumah, coba idupin internet, oh iya gw pake modem ANDROMAX M3Z, gw coba beberapa kali blum bisa nyambung internet, ampe jam 1 lewat gw coba masih juga ga bisa, gw curiga gw chek kuota, BUSYEETT... ko KUOTA NYA JADI 0 ( NOL ), kemana larinya neh.. waduh ini kemana larinya nih kuota, klo di colong dikit ilangnya gapapa dah, nah klo ini namanya PERAMPOKAN, ga di sisain sedikitpun, GILA BENER DA AHH, ga ada angin kagak ada kabar kuota KABUR GITU AJA, PARAHHHH... PARAHHH.. GA BAKAL MAJU DAH PROVIDER KAYAK GINI....

    BalasHapus
  42. Sama
    Kejadian baru kmrn 30 desember 2020
    Aku isi pulsa 150rb dapat cashback 50rb
    Beli paket 200rb yg kuota 40GB utama 80GB malam i&u tanggal 28 desember
    Tau2 tanggal 30 desember kuota 80GB ilang

    Chat ke smartfren nya dibilang emg ilang sementara
    Baca2 sini
    Kaya2 nya gk akan balik 80GB ku

    BalasHapus
  43. sama punya ane juga lang ditelan bunm isi 6 gb hadeuhh by dadahhhh dah buat smart

    BalasHapus
  44. Gila sih ini Kouta gokil 39 GB berkurang terus-menerus padahal juga lagi offline nonton film offline buat main game epep tiba tiba turun 100mb lebih wah anjink sih ini

    BalasHapus
  45. Aku juga tiba tiba kesedot padahal ga aku guna in Kouta gokil 39gb tiba tiba berkurang drastis terus menerus padahal juga lagi offline masih ngurang aja gila sih ini bukan problem lagi namanya korupsi

    BalasHapus
  46. Wah ternyata banyak ya udh drilama. saya baru ini mengalami kuota lokal awal 6gb saya pake fb free dan main game online sekitar 10menit. lalu ganti pakai sim lain. besoknya dicek sisa 5.11gb dong���� hampir 1gb lenyap ntah kemana. ini juga masih dites sisa 5.11gb saya diemin pake sim lain. mau cek besok wkwk kalo masih ngurang gila sih. auto stop pake nih provider

    BalasHapus

Posting Komentar