Redeem Code Primogems Claim Sekarang!

Perikoronitis akibat gangguan erupsi Molar ke 3

Beberapa hari ini saya mengalami masalah serius pada gigi geraham paling belakang, maksudnya itu adalah gigi Molar ke 3 yang erupsinya tidak sempurna, mau tumbuh ataukah tidak (gangguan erupsi) masih merupakan teka-teki, yang jelas gigi ini sudah mengoyak selapis gusi saya dan menyebabkan gusi bengkak dan sakit ditambah lagi susah dibersihkan maka masalah lain pun timbul yaitu bernanah.
Perikoronitis sendiri memiliki definisi "peradangan pada jaringan lunak disekitar gigi yang akan erupsi" sering terjadi pada fase pertumbuhan/erupsi gigi anak hingga dewasa sekalipun.
Sedangkan Molar ke 3 ialah gigi yang erupsi pada usia 17-22 tahun dan sering kali dinamakan gigi bungsu karena gigi ini tumbuh paling terakhir sepanjang hidup kita dan celakanya adalah gigi ini biasanya tergolong dalam gigi yang gagal bererupsi.

Tentu saja tidak semua orang memiliki molar ke 3, sepanjang pengalaman kerja saya di klinik gigi, bertemu dengan banyak pasien, saya mendapati banyak diantara mereka yang tidak memiliki molar ke 3.
Maka beruntunglah bagi anda yang tidak memiliki gigi ini, dan jikapun ada maka bersiap-siaplah menjalani siksaan seperti saya. gusi terasa sakit, bengkak dan bernanah... iuuuhhh!!! >__<

Molar 3 memang gigi yang rawan menyebabkan masalah pada kesehatan gigi dan mulut, maka disarankan untuk memeriksakan gigi anda, terutama sebelum adanya keluhan.

Jikapun ada keluhan maka tindakan yang biasa kami lakukan adalah:
  1. Tindakan darurat seperti irigasi Natrium Hipochlorit
  2. Pemberian analgetik, antimikroba, dan anti peradangan yang tepat
  3. Rontgen foto
  4. Pencabutan gigi. pada beberapa kasus diperlukan tindakan operasi kecil untuk memudahkan operator dalam melakukan pencabutan gigi.
Demikian pengalaman yang bisa saya bagi dari kasus perikoronitis akibat gangguan erupsi pada Molar ke 3 yang terjadi pada diri saya sendiri. Bahkan saya yang notabene berkecimpung dalam dunia kesehatan gigi-pun tak luput dari ulah molar 3 #Miris (-__-" )

Komentar

  1. mau tanya nih pak saya sudah 3 hari mengalami nyeri pada gusi bagian belakang saya gejalanya pipi sakit seperti bengkak dan saat menelan sakit hanya di bagian kiri saja, apa ada cara lain selain melakukan operasi? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dik felix, apakah gejala tersebut sama seperti tulisan diatas? Jika memang gangguan erupsi karena gigi belakang tumbuh miring, memang seharusnya dilakukan pencabutan. Dioperasi atau tidaknya tergantung dari hasil foto rontgen dan kebijakan dokter gigi.

      Jika tumbuhnya tidak miring, sementara gigi bererupsi(tumbuh dgn mengoyak gusi) akan lebih baik jika dilakukan pemotongan pada gusi disekitar gigi tsb.

      Namun saran saya, lebih baik konsultasikan permasalahannya ke dokter gigi, agar mendapatkan penanganan yg tepat.

      Hapus

Posting Komentar