Redeem Code Primogems Claim Sekarang!

Nyari alasan buat beli barang baru

Saat menulis ini saya lagi galau tingkat dewa, digalauin gara-gara 2 barang elektronik yang menjadi idaman, yaitu samsung galxy tab 7+ dan kamera DSLR merk cannon.

Bagaimana bisa?

Saya awali dari sebuah keinginan memiliki samsung galaxy tab 7+, dari salahsatu kerabat samsung galaxy inilah barang yang paling saya idam-idamkan, tak kurang sudah berapa banyak teman saya membeli barang ini karena dilihat dari modelnya yang super keren, memiliki operating system android dan spesifikasinya yang canggih maka tablet/mini pc ini makin santer menjadi bahan perbincangan dan barang incaran bagi siapapun dan dimanapun termasuk saya.

Kemudian beralih ke kamera DSLR punya cannon, saya menginginkan barang ini karena tertarik dengan fotography, saya ingin belajar didunia itu karena sudah banyak teman yang terjun dalam dunia fotograpy yang dianggap mereka menarik dan memiliki seni. Saat ini saya melakukan fotografi dari foto ponsel yang kemudian saya edit menggunakan aplikasi foto editor punya blackberry. Namun saya masih ingin untuk lebih profesional dibidang fotografer pro.
Setidaknya saya punya cita-cita.

Apa yang membuat saya galau?


Iya saya memang lagi galau, bukan karena ga punya duit buat beli, melainkan cara pandang saya terhadap kedua barang diatas. karena pada dasarnya yang satu adalah PC dan yang satu lagi adalah kamera. Bukan berarti karena modelnya bagus serta diminati banyak orang sehingga saya putuskan untuk membeli, bukan karena itu, karena bagi saya pribadi harus ada alasan mengapa saya harus membeli barang itu, daripada menyesal seperti yang sudah-sudah.

Untuk lebih memudahkan para pembaca memahami tulisan ini maka berikut saya jelaskan mengapa kedua gadget tersebut sukses membuat saya galau.

  1. Samsung Galaxy Tab 7+ termasuk kedalam tablet PC, dengan fiturnya yang canggih sangat layak disebut sebagai mini PC. Nah jika saya sudah memiliki netbook buat apa punya mini PC lainnya? model bukan alasan utama saya membeli suatu barang, melainkan suatu fungsi yang bermanfaat bagi saya. Lagian dalam urusan tulis menulis di barang elektronik bagi saya jauh lebih mudah menulis di netbook dengan keyboard ketimbang tablet pc tanpa keyboard.
  2. Kamera DSLR, memang dengan membawa kamera ini kesannya anda adalah seorang fotografer pro, namun banyak juga hasil jepretan yang memiliki nilai tinggi justru dihasilkan dari sebuah kamera digital. Hasil bukan dilihat dari perangkat yang digunakan, melainkan bagaimana cara dia mengolah suatu benda agar memiliki nilai tinggi. Tak kurang juga saya mendapatkan hasil bidikan yang menurut saya bagus dari kamera digital sonny 14.1 megapixel. jadi, jika saya sudah punya kamera digital untuk apa membeli DSLR yang mahal? toh hasil jepretam masih bisa diedit dengan menggunakan photosop.
Ini dia yang membuat saya galau, saya menginginkan suatu barang namun tidak ada alasan untuk membelinya, jadi sementara saya sedang nyari alasan buat beli barag baru. Takutnya nanti justru menyesal akibat punya banyak barang yang fungsinya sama hanya dibedakan dari modelnya saja, hal ini sering terjadi pada saya, akibat nafsu yang memburu beli HP model terbaru dan ternyata fungsinya sama buat nelfon dan sms doank, dan saya tak ingin kejadian yang sama berulang lagi.

Komentar

  1. Menurut saya beli saja 2 barang yg anda inginkan itu, jangan terlalu berfikir masalah manfaat dikemudian hari, karena barang2 yg anda butuhkan itu jelas bermanfaat dan berguna, saya pribadi kebetulan telah memiliki 2 laptop, (acer 6920 15.4" dan lenovo x201 12.1"), 1 samsung tab 7", 1 DSLR 550D + koleksi lensa + Grip, 1 Sony nex 5N (mirrorless, kmampuan setara DSLR) + lensa standart, mengapa saya membeli semuanya? karena memang semua berguna bagi saya :

    1. Laptop 6920 untuk editing video / photo karena layarnya lumayan lega, jadi laptop ini bukan untuk di bawa2 tapi hanya stanby di meja kerja.

    2. laptop lenovo x201 core i5 untuk di bawa kesana kemari sewaktu keluar kota atau pengen download file yg gede2, soalnya laptop ini memiliki internal CDMA / GSM yg sangat kencang.

    3. Samsung Tab saya pakai ketika pergi ke kafe atau plaza buat ngopi atau baca2 e-book sewaktu hendak tidur dan lain2, jadi intinya hanya buat baca dan browsing.

    4. DSLR canon 550D + beberapa lensa di bawa sewaktu pengen moto2 landscape, burung, laut, langit, dll, hasil DSLR tentu sangat jauh bedanya di banding kamera pocket, apalagi dengan kombinasi lensa yg sesuai, saya yakin anda akan "memiliki dunia lain" jika anda memiliki DSLR, saya juga dulu sebelum beralih ke DSLR telah memiliki puluhan kamera pocket, namun begitu pindah ke DSLR rasanya tidak ingin pindah ke lain hati. masalah utama karena ukuran sensor DSLR jauh lebih besar dari kamera pocket.

    5. NEX - 5N saya beli karena menyadari kekurangan DSLR canon + lensa + grip, yaitu ukuran yg gede dan berat, jadi gak cocok di bawa sehari2 atau ke kondangan ketika menghadiri resepsi pernikahan teman, takut, nanti kita dikira "mat kodak" oleh undangan lain, jadi dengan NEX 5N masalah teratasi.

    jadi gak usah galau, karena semua yg kita beli pasti bermanfaat, oh ya, kalau ternyata kita tidak sreg dengan barangnya bisa kok dijual lagi, tapi tentu dengan pemotongan harga, dan saya fikir itu sangat wajar. anggap saja sebagai "sewa" barang...

    jadi misalnya sekarang harga canon eos 550D rp 5.8juta (kamera + lensa kit), setelah dipakai 10 bulan ternyata tidak sreg, dijual kembali dengan harga misalnya 4.3 juta, terjadi pemotongan 1.5 juta. nah ini sama dengan :

    1.5jt / 300 hari = 5000rb perhari

    jadi anggap saja uang sewa untuk DSLR itu adalah 5rb rupiah perhari, sewa yg sangat murah di banding fungsinya, demikian juga perhitungan untuk barang2 yg lain.....

    BalasHapus
  2. wow,, komentar anda top markotop :D
    ini dia tujuan dari tulisan saya ini yaitu pendapat dari pihak lain.

    Sejujurnya memang ada perbedaan pendapat/cara pandang diantara kita, namun jika dilihat dari sudut pandang anda memang terkesan semua gadget memiliki kelebihannya sendiri sehingga ga rugi kalau kita beli semuanya. sepertinya saya mulai setuju dengan anda.

    Namun setidaknya kita harus lebih berhati-hati terhadap keperluan lain selain gadget. jangan sampai beli gadget mahal malah besok-besok ga bisa beli bensin :D

    BalasHapus
  3. hehehehe.....

    benar gan,,,,bensin itu sgt penting....apalagi beras dan lauk pauknya!,,,:D

    tapi emng terpulang pada "kebutuhan" kita akan gadget2 tersebut dan ketersediaan "budget/dana" kita, saya pribadi bukanlah orang yg memiliki budget tak terbatas yg bisa membeli gadget2 mahal sekaligus, saya biasanya membeli gadget "2nd" yg kondisi masih gress dan OK dengan harga 50%-70% dari harga sebenarnya, yg penting sabar dalam pemburuan gadget yg diinginkan..., keuntungan membeli "2nd" selain harga yg miring kadang2 penjual mnyertakan juga beberapa aksesoris yg "kadung" sudah di belinya untuk gadget tersebut, kemudian jika pun kita "menjual" kembali gadget tersebut biasanya harganya jualnya tidak terlalu jauh bedanya dengan harga beli kita.

    saya membeli 550D setahun yg lalu dengan harga 4juta (Body only) dengan kondisi 2nd lengkap kotak + charger, jikapun saya jual kembali harganya tidak terlalu jauh turunnya. kerugian membeli 2nd tentu ada, karena bisa saja barang yg kita beli kondisi nya tidak seperti yg terlihat atau barang tersebut barang illegal (barang panas), untuk menghindari masalah seperti ini biasanya saya hanya membeli barang2 yg masih ada sisa garansi 1-2 bulan dan penjual bisa menunjukkan bukti pembeliannya (kwitansi pembelian), memang agak lama dapatnya, tapi semakin lama "pemburuan" gadget semakin senang rasanya ketika akhirnya gadget yg di idamkan berhasil di temukan / dibeli.


    saran saya untuk "dilema" masalah anda kalau memang anda termasuk orang yg harus tahu betul manfaat sebuah gadget sebelum membeli :

    beli saja dulu DSLR, merek terserah, tapi sebaiknya canon atau nikon, karena pilihan lensa, aksesoris, dll sangat berlimpah, karena jika dengan pocketpun anda sudah bisa menghasilkan photo yg oke maka bisa dipastikan dengan DSLR hasil photo anda semakin mantap. dengan DSLR anda akan "menemukan" dunia baru seperti yg saja sampaikan sebelumnya.

    untuk tab, sebaiknya di pending dulu, karena fungsinya tidak begitu signifikan dan kapasitas penyimpana terbatas, tab lebih di tujukan untuk "life style" atau orng yg hobby nongkrong di cafe sambil minum kopi (seperti saya) :D ,,,untuk mengetik panjang2 atau menulis lebih enak pakai netbook atau laptop.

    jika dana anda masih mencukupi / banyak sebaiknya dibelikan lensa, tripod, batere cadangan, grip dll untuk menyambut dunia "baru" anda....:D








    khusus untuk

    BalasHapus
  4. Selama membaca komentar anda dalam hati membatin "WOW" sayang sekali anda berkomentar tanpa meninggalkan satupun identitas sehingga saya (sayangnya) tidak bisa lebih mengenal anda.

    Postingan ini memberikan dampak yang luar biasa bagi saya, seseorang telah memecahkan kegalauan saya dengan komentar 'jelas' memiliki opini yg didasari pengetahuan/pengalaman dan disertai pemecahan masalah.

    Ada 2 hal yang akan saya ingat dari komentar anda yaitu "perburuan gadget" dan "sebuah dunia yang baru" thats was a good sound. Saya setuju dan sangat menyukainya.

    Jadi saya ucapkan banyak terima kasih atas komentar anda yang sangat berharga, anda sudah memberikan sudut pandang baru bagi saya.

    BalasHapus
  5. WOW..
    komentar yg bermutu..
    thanks!

    BalasHapus
  6. Iya saya bersyukur ada yang telah berkenan memberikan komentar yang sangat bermutu :)

    BalasHapus

Posting Komentar