Redeem Code Primogems Claim Sekarang!

Tips Blogger Pemula

Setelah menulis mengenai manfaat menulis dan asiknya membuat blog dengan pertimbangan menulis di media tulis atau blog kini saatnya saya membagikan pengalaman saya hingga akhirnya menulis di blog.

Apakah yang mendasari anda menulis di blog? saya yakin betul jawabannya bisa berbeda tergantung dari pribadi masing-masing orang, namun saya sendiri mengklasifikasikan blogger dalam beberapa kategori:
  1. Blog untuk uang, seperti toko online, penjual jasa, mengiklankan produk, afiliasi dan lain sebagainya.
  2. Dikenal melalui tulisan, Seseorang tentunya ingin lebih dikenal melalui tulisannya, seseorang menulis agar dibaca dan mendapatkan reward berupa feedback dari pembaca.
  3. Blog suatu kebutuhan hidup, dalam artian menulis hanya merupakan suatu hobi saja dan tidak memiliki tujuan yang lain. 
Jika diingat-ingat saya ngeblog sudah hampir 2 tahun semenjak tulisan ini terbit, tentu saja banyak rintangan yang saya temui dari awal memilih blog hingga tahap penulisan(problem seorang blogger) namun apakah itu mendewasakan saya dalam dunia menulis? belum saya rasa.

pada pertengahan tahun 2010 saya mengenal istilah blogger dari suatu artikel yang saya baca secara tidak sengaja di internet, yang saya tangkap bahwa blogger itu adalah orang yang menggantungkan hidupnya dari menulis, saya berfikiran dengan menulis seseorang bisa lebih dikenal dan mendapatkan uang, namun saya salah.

Pada pertengahan tahun 2010 saya membuat blog saya yang pertama dengan menggunakan plat blogspot, awal membuat blog ini saya sangat menikmati pekerjaan mendesain template blogspot, saya ibaratkan dengan memilih buku tulis pertama saya dan menambah pernak-pernik didalamnya berupa stiker yang mempercantik tampilan buku saya, namun tiba saatnya menulis..
tidak ada satupun ide yang keluar dari otak saya..

Selama 6 bulan lamanya saya "menggantung" blog tersebut, sambil melakukan pekerjaan utama saya dan berharap akan muncul ide baru untuk menulis, namun tidak ada.

Frustasi? tentu saja tidak, saya sendiri tidak menemukan apa alasan saya untuk menjadi seorang penulis di blog, lagipula saya memiliki pekerjaan utama dan saya pun tidak memiliki kepentingan untuk menulis, saya juga tidak terlalu berharap untuk dikenal orang banyak dan saya masih digaji oleh perusahaan. maka blog tsb saya hapus pada bulan desember 2010.

Suatu hari pada pertengahan bulan januari 2011 saya ditawarkan menjadi reseller suatu produk perhiasan perak oleh seorang manager dan sekaligus merupakan teman saya dan seorang pegawai kantor tidaklah dilarang melakukan usaha sampingan diluar jam kerja pegawai sepanjang tidak mengganggu pengabdiannya dan usaha sampingan tersebut legal secara hukum dan agama, maka saya coba untuk menerima tawaran tersebut.
Permasalahan yang saya hadapi adalah untuk menjual suatu produk kita harus memiliki suatu media promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan produk tersebut, setelah search di google maka saya mendapatkan 2 media yang menurut saya efektif dalam berjualan, yaitu facebook dan blog. Kali ini saya memilih blog ber"plat" wordpress untuk saya andalkan, namun sebelum itu ada hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat sebuah blog agar tidak mengalami kegagalan seperti blog pertama saya, apalagi merupakan blogger pemula seperti saya.

Hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang blogger pemula bagi saya adalah:
  1. Yang paling penting adalah menemukan alasan menulis di blog, anda bisa membaca klasifikasi diatas pada point 1-3, ingat temukan jati diri anda.
  2. Menemukan tema blog, hal ini sangat penting untuk menentukan kearah mana blog kita menuju.
  3. Apa yang ingin dicapai? uang? ketenaran? itu terserah anda, you are the player.
Pada point pertama sudah jelas bahwa saya membuat blog untuk berjualan, dengan sedikit imajinasi dan kreatifitas saya tidak mengalami kesusahan untuk menentukan tema blog tersebut, maka saya membuat perpaduan antara blog pribadi dan toko online menjadi satu, maka lahirlah blog saya http://erlandns.wordpress.com yang sukses menambahkan sedikit tambahan uang saku(point no 3) ke dompet saya (walau sedikit tetap disyukuri).

Jadi bagaimana dengan blogg ini? well dalam perjalanannya saya berfikir tidaklah bijaksana jika memasukkan terlalu banyak hal yang bersifat sepele dan remeh-temeh kedalam blog yang menambahkan pundi-pundi keuangan saya, biarlah yang menjadi bisnis tetap merupakan suatu hal yang bersifat lebih profesional dan hal-hal lainnya yang menyangkut tulisan asal-asalan seperti tulisan ini berada pada tempatnya.

Jadi kesimpulannya adalah sangat penting untuk memperhatikan kedua hal yang saya tulis diatas, yaitu klasifikasi blogger (yang secara egois saya buat secara sepihak) yang tentunya berguna untuk mengenali diri anda sendiri dalam membuat blog serta hal yang perlu diperhatikan sebagai blogger pemula sebagai tuntunan dan mengarahkan blog sesuai dengan apa tujuannya dibuat.

Saya pikir sampai disini dulu tulisan kali ini, tidak ada maksud yang buruk apalagi menyinggung orang lain, jikapun ada yang tersinggung mohon dimaafkan ini merupakan hal yang ditulis dari pengalaman pribadi.
Jika anda punya pendapat sendiri/pengalaman lain dibawah ini saya sediakan kotak untuk berkomentar.

Komentar

  1. Wahhhh.... bagus gan....

    mampir ke blogg ane ya...

    http://saifadaniel.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. halo daniel, blognya bagus dgn tema game, blognya juga sudah sy ikuti. salam kenal ^^

    BalasHapus
  3. top abies ni Arlan....sudah dotcom sekarang.....

    BalasHapus
  4. hehe... begitulah bos kalo seseorang ada usaha utk maju. sayangnya ne blog susah dibuka di mobile browser

    BalasHapus

Posting Komentar