Redeem Code Primogems Claim Sekarang!

Apa asiknya ngeblog?

Apa yang mendasari anda membuat blog? Jawabannya bisa berbeda, tergantung dari pribadi masing-masing orang, ada yang dilatar belakangi bisnis, promosi dan perkenalan kelompok tertentu dan lain sebagainya, namun bagi saya menulis di blog adalah suatu kegiatan menulis dan tentu saja agar dibaca oleh orang lain, itu saja, such a simple person.
Jika anda mengetahui alasan anda menulis di blog pastinya anda menikmati proses ngeblog itu sendiri, bagi saya proses awal dari memikirkan tema blog hingga proses menuliskan pemikiran saya ke suatu wadah yang bernama blog disitulah asiknya.
Proses dari awal saya memikirkan konsep blog, mendaftar blog hingga mencari tema memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, saya harus mencari referensi atau lebih tepatnya mencontek blog orang lain walaupun untuk urusan ini tidaklah mudah agar bisa diterapkan di konsep blog saya karena rata2 blogger di indonesia menggunakan konsep bisnis online/program afiliasi, dan pencarian pun harus diperluas lagi dari blogger penginspirasi hingga puitis sekalipun.


Saya pernah bertandang ke blog yang dibuat diluar negeri seperti blogger asal Inggris yang secara tidak sengaja saya kunjungi, disana blogg mereka tampak simple, tulisan mereka yaitu membahas seputar kehidupan mereka sendiri, lifestyle seperti fotografer dan tulisan mengenai tempat2 yang pernah mereka kunjungi yaitu tempat wisata kemah/pantai beserta restoran disekitar kawasan wisata itu dan memang saya pikir dari sinilah pemasukan tambahan mereka dgn promosi restoran, walaupun sampingannya tidaklah banyak atau cuma sekedarnya saja namun kualitas dari tulisan atau blog mereka tidak perlu diragukan lagi, maka saya ingin mencoba mengambil konsep ini sebagai blog yang sedang anda kunjungi ini.

Kembali ke topik, setelah mendapatkan konsep dan tema tampilan blog saatnya menginstalasi tema, menyusun gadget/widget serta tak kalah penting laman yang dipasang di header blog kita, laman bisa berupa home-about me-buku tamu dan lain sebagainya, saya harus jeli memilih laman yang ditampilkan yang sekiranya perlu atau tidak untuk dipasang, terakhir membuat tulisan yang merupakan cikal bakal blog yg sudah saya buat.
Seperti kata pepatah, "menulislah, dan tunggu keajaibannya" Jika tujuan anda menulis untuk mencari sumber penghasilan baru maka tentukan strategi pemasaran anda, bagi saya kegiatan menulis itu sendiri yang menjadi tujuan utama, seperti pengalaman blogger asal inggris yang saya sebutkan diatas mengajarkan kita banyak hal, pada bagian laman "advertised" yang ditulisnya dan dijelaskan secara blak-blakan bahwa blognya sendiri sebenarnya bukanlah blog komersil, dia hanya akan menuliskan sesuatu yang menurutnya menarik dan mereview tempat wisata dan restoran yang menurutnya terbaik walaupun imbalannya kecil, namun betapa kagetnya saya melihat komentar pembaca yang notabene pemilik suatu restoran yang dengan sengaja mengundang pemilik blog untuk bersedia mampir dan mereview restorannya dengan imbalan yang lumayan, dan pesan yang sama bisa ditemukan di komentar dibawahnya, inilah yang disebut 'menulis dan mendapatkan keajaiban'.
keajaiban lain yang saya maksud disini dan sudah pasti adalah feedback dari para pembaca, menulis kalau tanpa ada yang membaca itu sama artinya dengan gagal, sebelum tulisan saya dibaca saya harus memastikan bahwa blog dan tulisan yang sudah dibuat mampu terindex oleh mesin pencari, jadi keasikan berikutnya adalah saya harus mendalami atau setidaknya mengetahui tips dan trik SEO, tanpa terindexnya blog dan tulisan saya maka mesin pencari tidak akan menyodorkan blog dan halaman saya kepada para pencari informasi.

Jadi pada intinya adalah yang paling asik dari blog itu bagi saya adalah PROSES seperti yang sudah saya bahas diatas, dalam berproses kita akan banyak mendapatkan pembelajaran yang tentunya akan menjadi pengalaman yang baru untuk kita, dan seperti kata pepatah "pengalaman adalah guru yang terbaik"

Jadi apakah yang asik dari ngeblog menurut anda?


Komentar

  1. Tidak ada yang berubah semua masih tetap seperti dulu hanya domainnya saja yang berubah.

    Menurut saya ngeblog itu asik soalnya mengasah otak

    BalasHapus
  2. kemarin saya coba untuk membeli domain biar lebih keren, salahsatu keasikan ngeblog jg dari sini karena kita ditantang untuk lebih berkreatif.
    trims komentnya kang salman, sepertinya saya sudah menemukan komentator pertama saya di blog ini ^^

    BalasHapus

Posting Komentar